Kompas.com - 22/03/2021, 19:38 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pulau Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara merupakan wilayah yang kerap mengalami krisis air bersih.

Staf Khusus Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Bidang Sumber Daya Air (SDA) Firdaus Ali mengatakan saat musim hujan ketiga wilayah tersebut memiliki ketersediaan air yang sangat melimpah.

Saat musim hujan, ketersediaan air di Pulau Jawa dan Bali mencapai 101.160 juta meter kubik, sementara kebutuhannya hanya mencapai 27.020 juta meter kubik.

Baca juga: Selama Pandemi, Kebutuhan Air Meningkat hingga Tiga Kali Lipat

Namun sebaliknya saat musim kemarau ketiganya justru mengalami kekurangan air bersih. Ketersediaan air hanya mencapai 25.290 juta meter kubik dan tak sebanding dengan kebutuhan yang mencapai 38.406 juta meter kubik.

Selanjutnya, untuk di Nusa Tenggara Timur, ketersediaan air saat musim hujan mencapai 37.940 juta meter kubik, sementara kebutuhannya hanya 4.215 juta meter kubik.

Sementara pada saat musim kemarau ketersediaan air justru hanya 1.440 juta meter kubik dan kebutuhannya mencapai 4.320 juta meter kubik.

Jika melihat data neraca air nasional pada tahun 2020 kebutuhan air masyarakat sebetulnya hanya 6 persen dari potensi sumber daya air yang ada di Indonesia.

"Total ketersediaan air di Indonesia itu mencapai 1.957.205 juta meter kubik, sementara kebutuhannya hanya 112.275 juta meter kubik," kata Firdaus dalam diskusi virtual, Senin (22/03/2021).

Baca juga: Indonesia Krisis Air, Tingkat Ketersediaan Terendah di Asia Tenggara

Namun demikian, krisis air ini terjadi karena sejumlah faktor di antaranya yaitu akses, kualitas, kontinuitas, perubahan iklim yang signifikan, serta daya tampung dan daya dukung sumber air yang masih rendah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.