Pakuwon Incar Rp 1 Triliun dari Penjualan Ready Stock Bebas PPN

Kompas.com - 12/03/2021, 22:13 WIB
Pakuwon Mall Surabaya Dokumentasi Pakuwon JatiPakuwon Mall Surabaya

JAKARTA, KOMPAS.com - Raksasa properti Indonesia, PT Pakuwon Jati Tbk, mengincar penjualan atau marketing sales Rp 1 triliun dari properti-properti siap huni atau ready stock yang tersebar di Surabaya, dan Jakarta.

Direktur Keuangan PT Pakuwon Jati Tbk Minarto Basuki mengharapkan, target ini dapat tercapai dari promosi program Pakuwon Property Exhibition 2021 yang memanfaatkan insentif PPN ditanggung pemerintah (DTP).

Produk bebas PPN yang ditawarkan ada di Surabaya Barat, Surabaya Pusat, dan Surabaya Timur dengan varian jenis rumah tapak dan apartemen mulai dari Rp 500 juta hingga Rp 900 juta.

Baca juga: Empat Pengembang Berpeluang Catat Pertumbuhan Sales Tahun Ini, Pakuwon Memimpin 35 Persen

Sementara properti dengan PPN DTP 50 persen yang ditawarkan Pakuwon adalah apartemen di kompleks Gandaria City dan Kota Kasablanka dengan rentang harga lebih dari Rp 2 miliar.

"Sedangkan total target keseluruhan marketing sales Perseroan Tahun 2021 sebesar Rp 1,4 triliun," ujar Minarto kepada Kompas.com, Jumat (12/03/2021).

Insentif PPN DTP hingga 100 persen ini merupakan pertama kali dalam sejarah sektor properti di Indonesia.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menyusul terbitnya Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 21/PMK.010/2021 tentang Pajak Pertambahan Nilai atas Penyerahan Rumah Tapak dan Unit Rumah Susun yang Ditanggung Pemerintah (DTP) tahun anggaran 2021.

PMK tersebut resmi berlaku sejak diundangkan pada tanggal 1 Maret 2021 dan ditandatangani Menteri Keuangan Sri Mulyani di Jakarta.

Baca juga: Ambil Alih Marriott Jogjakarta, Pakuwon Punya 8 Aset Hotel

Perlu diketahui, stimulus fiskal ini berlaku hanya untuk rumah tapak baru dan unit hunian rumah susun baru dalam kondisi siap huni, sebagaimana ditentukan dalam Pasal 4 PMK 21 Tahun 2021.

"Merupakan rumah tapak baru dan unit hunian rumah susun baru yang diserahkan dalam kondisi siap huni," demikian Pasal 4 poin b.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X