Pertama di Indonesia, KA Makassar-Parepare Gunakan Lebar Rel 1.435 Milimeter

Kompas.com - 12/03/2021, 13:41 WIB
Jalur utama perlintasan Kereta Api (KA) Makassar-Parepare. Dok. PT Len Industri (Persero).Jalur utama perlintasan Kereta Api (KA) Makassar-Parepare.

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalur utama perlintasan Kereta Api (KA) Makassar-Parepare menggunakan standard gauge (lebar rel) berukuran 1.435 milimeter.

Direktur Strategi Bisnis dan Portofolio PT Len Industri (Persero) Linus Andor Mulana Sijabat menjelaskan, ukuran lebar rel itu pertama kali digunakan di Indonesia.

"Ini adalah proyek mainline (jalur utama) KA pertama di Indonesia yang menggunakan standard gauge 1.435 milimeter," terang Linus dikutip dari siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (12/3/2021).

Dengan demikian, kecepatan maksimal jalur KA itu bisa mencapai 160 kilometer per jam dengan realisasi kecepatan 120 kilometer per jam.

Ukuran rel ini berbeda dengan yang digunakan di sebagian besar jalur Jawa dan Sumatera.

Rata-rata lebar rel yang digunakan sebesar 1.067 milimeter dengan kecepatan maksimal kereta mencapai 90-100 kilometer per jam.

Baca juga: Tahun Ini, Subsidi Kereta Api Kelas Ekonomi Rp 3,4 Triliun

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam mengimplementasikan desain baru ini, PT Len Industri (Persero) harus membuat studi dan perancangan berbeda. Sehingga, faktor keselamatan menjadi hal utama sebagai acuan.

Selain itu, perusahaan juga harus memastikan agar kualitasnya tidak kalah saing dengan perkeretaapian di Jawa dan Sumatera.

Perlintasan KA Makassar-Parepare terdiri dari dua jalur yakni, Tanete Rilau-Palanro sepanjang 42,8 kilometer dan Mandai-Mandalle membentang 102,4 kilometer.

Khusus jalur Tanete Rialau-Palanro, telah dilakukan proses pengetesan pertama sistem persinyalan di Stasiun Tanete Rilau-Palanro bersama konsultan supervisi dan PPK Pengembangan Perkeretaapian Pangkep-Barru pada 3,4,8 dan 9 Maret 2021 ini.

Jalur Kereta Api (KA) Makassar-Parepare.Dok. PT Len Industri (Persero). Jalur Kereta Api (KA) Makassar-Parepare.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X