Perdana, KAI Daop 1 Jakarta Operasikan KA Brawijaya

Kompas.com - 10/03/2021, 19:30 WIB
PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta resmi mengoperasikan KA Brawijaya mulai hari ini, Rabu (10/3/2021). DOK. PT KAI DAOP 1 JAKARTAPT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta resmi mengoperasikan KA Brawijaya mulai hari ini, Rabu (10/3/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta untuk kali pertama resmi mengoperasikan Kereta Api (KA) Brawijaya relasi Gambir-Malang, Rabu (10/03/2021).

Sebelumnya, relasi Gambir-Malang juga telah tersedia yang dilayani oleh KA Gajayana dengan jalur operasional melalui sejumlah stasiun antara seperti Cirebon, Purwokerto, Yogyakarta dan Madiun.

Sementara untuk KA Brawijaya pada operasionalnya tidak melalui Purwokerto-Yogyakarta, namun akan melalui jalur operasional dengan stasiun antara seperti Cirebon, Semarang, dan Madiun.

"KA Brawijaya dengan jadwal keberangkatan pukul 15.40 WIB sore tadi dari Stasiun Gambir ini terdiri dari 8 (delapan) kereta Eksekutif dengan total ketersediaan tempat Duduk sebanyak 400 kursi," kata Kahumas PT KAI daop 1 Jakarta Eva Chairunisa dalam keterangan tertulis, Rabu (10/03/2021).

Baca juga: SMI Suntik Pinjaman KAI, Krakatau Steel, dan Garuda Indonesia Rp 15 Triliun

Eva menjelaskan, di tengah pandemi Covid-19, PT KAI masih menjalankan protokol kesehatan salah satunya dengan menerapkan pembatasan volume penumpang maksimal 70 persen dari total ketersediaan tempat duduk.

"Melalui kebijakan tersebut maka pada masa pandemi ini ketersediaan tempat duduk hanya sebanyak 280 kursi," jelasnya.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Eva menyebut dalam pengoperasian perdananya tiket KA Brawijaya sudah terjual 279 tiket.

Eva menambahkan selain pembatasan jumlah penumpang kereta, KAI juga menerapkan berbagai protokol lain secara ketat.

Mulai dari tempat duduk diatur tetap menjaga jarak, kesiapan penyediaan perangkat pembersih tangan seperti cairan antiseptik dan perangkat cuci tangan yang dilengkapi sabun dipastikan selalu tersedia dan berfungsi baik.

Selanjutnya, seluruh area dan perangkat yang rentan disentuh banyak orang langsung dibersihkan menggunakan cairan disinfektan secara rutin setiap 30 menit sekali.

KA Brawijaya juga dilengkapi ruang isolasi sementara di atas KA jika ditemukan penumpang dengan gejala Covid-19, selanjutnya penumpang tersebut akan diturunkan di stasiun terdekat yang memiliki pos kesehatan untuk penanganan lebih lanjut.

"Petugas di KA Brawijaya juga akan aktif memastikan penumpang selalu menggunakan APD sepanjang perjalanan," tambah dia.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X