Ini Stok Properti Mewah untuk 1.125 Miliarder Indonesia

Kompas.com - 08/03/2021, 07:00 WIB
Tampilan interior ruang makan dan dapur The Residences at The St Regis Jakarta. dokumentasi Rajawali Property GroupTampilan interior ruang makan dan dapur The Residences at The St Regis Jakarta.

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam rentang waktu 2020-2025, miliarder atau crazy rich Indonesian diprediksi melonjak 67 persen menjadi 1.125 orang.

Sebagaimana tipikal kalangan Ultra High Neth Worth Individual (UHNWI) Asia lainnya, orang-orang tajir Indonesia ini akan membelanjakan 25-28 persen hartanya untuk properti.

Menarik dicermati, properti seperti apa yang akan dibeli oleh UHNWI dengan kekayaan lebih dari 30 juta dollar AS atau ekuivalen Rp 430 miliar ini?

Baca juga: Crazy Rich Indonesia Melonjak 67 Persen, Paling Banyak Belanja Properti

Senior Advisor Research Knight Frank Indonesia Syarifah Syaukat mengungkapkan, mereka akan membeli properti-properti dalam bentuk rumah tapak dan apartemen mewah dengan harga di atas Rp 5 miliar.

"Harga bukan menjadi pertimbangan utama dan mereka tidak bergantung atau sensitif terhadap angka maupun stimulus fiskal," ujar Syarifah menjawab Kompas.com, Jumat (05/03/2021).

Ruang keluarga di apartemen The Residences at The St Regis Jakartadokumentasi Rajawali Property Group Ruang keluarga di apartemen The Residences at The St Regis Jakarta
Menurut dia, umumnya, properti mewah ini berada di pusat kota, dekat dengan fasilitas pusat belanja, komersial, dan fasilitas gaya hidup lainnya.

Khusus untuk rumah mewah, lokasi yang diincar para miliarder berada di kawasan-kawasan yang secara tradisi merupakan konsentrasi kalangan elite.

Sebut saja Menteng (Jakarta Pusat), Kemang, Pondok Indah, Permata Hijau, dan Senopati (Jakarta Selatan), serta Kepala Gading dan Pantai Indah Kapuk (Jakarta Utara). 

Baca juga: Populasi Superkaya Indonesia dengan Harta Rp 430 Miliar Melonjak 67 Persen

Sementara untuk apartemen mewah, tidak jauh dari Central Business District (CBD) Jakarta, Kebayoran Baru, dan Pondok Indah.

Menurut riset Knight Frank Indonesia, terdapat 1.500 stok apartemen dengan harga di atas Rp 5 miliar yang siap diserap pasar.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X