Pemerintah Pusat Bangun Dua Instalasi Air Limbah Domestik di Jakarta

Kompas.com - 03/03/2021, 18:00 WIB
Ilustrasi Instalasi Pengelolaan Air Limbah Domestik (IPALD). Dok. Kementerian PUPR.Ilustrasi Instalasi Pengelolaan Air Limbah Domestik (IPALD).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Cipta Karya tengah membangun dua Instalasi Pengelolaan Air Limbah Domestik (IPLAD) di DKI Jakarta.

Kedua IPALD itu yakni, IPALD Skala Permukiman Dahlia di Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur dan IPALD Skala Permukiman Harapan Mulai di Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat.

Pembangunan infrastruktur ini bertujuan untuk meningkatkan layanan sanitasi masyarakat dan mengurangi pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh air limbah domestik.

Air limbah domestik ini dibuang secara langsung ke sungai maupun tanah melalui mekanisme pengendalian dan pemantauan.

Selain itu, pembangunan IPALD ini diharapkan dapat meningkatkan Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS) yang merupakan salah satu upaya mencegah berbagai penyakit, termasuk stunting (kekurangan gizi) dan virus Covid-19.

Baca juga: Pasok Air Minum Jakarta, SPAM Regional Jatiluhur I Dibangun Kuartal III

Menurut Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, terpenuhinya sanitasi dan air bersih akan berdampak pada peningkatan kualitas hidup masyarakat, khususnya penurunan stunting di Indonesia.

“Selain infrastruktur, Kementerian PUPR juga membangun infrastruktur kerakyatan. Pembangunannya ini dirasakan langsung oleh masyarakat seperti jembatan gantung, rumah subsidi, penanganan kawasan kumuh, air minum, dan sanitasi,” tutur Basuki dikutip dari laman Kementerian PUPR, Rabu (3/2/2021).

Untuk IPALD Skala Permukiman Dahlia, bermanfaat untuk mengolah limbah domestik sebanyak 200 meter kubik per hari.

Pembangunan IPALD ini telah dimulai pada Januari 2021 dan ditargetkan selesai 8 bulan setelahnya yakni, Agustus 2021 dengan anggaran Rp 9,4 miliar.

Saat ini, progres pekerjaan IPALD Skala Permukiman Dahlia telah mencapai 1,37 persen.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X