Kompas.com - 23/02/2021, 13:35 WIB
Subang Smartpolitan. Dok. PT Suryacipta SwadayaSubang Smartpolitan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan melaksanakan pembangunan proyek jalan Tol Sentul Selatan-Karawang sepanjang 61,5 kilometer.

Proyek jalan bebas hambatan berbayar ini diprakarsai oleh PT Pama Persada Nusantara.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, Pemerintah juga membangun proyek Jalan Tol Akses Patimban sepanjang 37,7 kilometer dengan pemrakarsa PT Jasa Marga (Persero) Tbk-PT Surya Semesta Internusa Tbk-PT Daya Mulia Turangga-PT Jasa Sarana.

Kehadiran dua proyek infrastruktur yang pelelangannya digelar pada Kuartal I-2021 tersebut diharapkan dapat menghubungkan kawasan produksi dengan kawasan distribusi.

Selain itu, keberadaannya diharapkan mampu mempermudah akses ke kawasan wisata, kawasan industri, dan kawasan produktif lainnya.

Baca juga: 9 Tol Baru Senilai Rp 142,1 Triliun Siap Dilelang

Lantas bagaimana prospek properti jika kedua proyek tersebut rampung dikerjakan?

Head of Research Savills Indonesia Anton Sitorus mengatakan, rampungnya pekerjaan kedua proyek jalan tersebut akan menambah daya tarik investor dan harga lahan di kedua wilayah tersebut akan naik.

Salah satu jenis properti yang akan diperkirakan hadir di sepanjang proyek Jalan Tol Akses Patimban adalah pergudangan, sedangkan perumahan menjadi sektor properti penunjang kawasan tersebut.

"Tapi yang utama kalau di kawasan industri itu pergudangan," ujar Anton kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Royal Sentul ParkAdhi Commuter Properti Royal Sentul Park
Menurut Anton, keberadaan jalan tol tidaklah cukup. Oleh sebab itu, harus ada kemudahan akses jalan lainnya yang membuat kawasan di sekitar Tol Akses Patimban dapat terangkat.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.