[POPULER PROPERTI] Indonesia Berpotensi Kehilangan 90.000 Hektar Sawah Per Tahun

Kompas.com - 23/02/2021, 11:30 WIB
Petani saat memanen padi di area sawah yang terendam banjir di Desa Karangligar, Kecamatan Telukjambe Barat, Karawang, Jawa Barat, Rabu (10/2/2021). Selain curah hujan yang tinggi, luapan Sungai Citarum dan Sungai Cibeet yang merendam areal persawahan sejak Minggu (7/2/2021) tersebut mengakibatkan sebagian besar tanaman padi siap panen rusak dan terancam gagal panen. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGPetani saat memanen padi di area sawah yang terendam banjir di Desa Karangligar, Kecamatan Telukjambe Barat, Karawang, Jawa Barat, Rabu (10/2/2021). Selain curah hujan yang tinggi, luapan Sungai Citarum dan Sungai Cibeet yang merendam areal persawahan sejak Minggu (7/2/2021) tersebut mengakibatkan sebagian besar tanaman padi siap panen rusak dan terancam gagal panen.

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia diprediksi kehilangan lahan sawah seluas 90.000 hektar per tahun.

Hal ini terjadi akibat masifnya alih fungsi lahan sawah ke non-sawah dibandingkan dengan pencetakan lahan sawah baru per tahunnya.

Secara nasional, alih fungsi lahan sawah ke non-sawah tiap tahunnya tercatat rata-rata mencapai 150.000 hektar.

Sementara cetak lahan sawah baru hanya mencapai 60.000 hektar per tahun.

Artikel tersebut menjadi berita terpopuler di kanal Properti Kompas.com edisi Rabu (23/2/2021).

Lantas, apa penyebab dari alih fungsi lahan di Indonesia?

Temukan jawabannya di sini Indonesia Berpotensi Kehilangan 90.000 Hektar Sawah Per Tahun akibat Alih Fungsi

Konstruksi Jalan Lintas Timur Sumatera Selatan (Jalintim Sumsel) akan dilakukan pada 4 Maret 2021.

Hal ini menyusul tuntasnya tahapan financial close (pemenuhan pembiayaan) pada proyek Kerja sama Pemerintah dengan Badan Usaha ( KPBU) Availability Payment (AP) tersebut.

"Setelah ini, kita akan memasuki fase konstruksi yang ditargetkan akan dimulai pada 4 Maret 2021," tegas Hedy saat Seremonial Financial Close Proyek Jalintim Sumsel dan Penyerahan Letter of Awards Proyek Jalintim Riau, Senin (22/2/2021).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X