Kompas.com - 19/02/2021, 17:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) memberikan relaksasi terkait rasio loan to value/financing to value atau LTV/FTV untuk kredit pembiayaan properti menjadi maksimal 100 persen.

Dengan kebijakan ini, nasabah bisa mengajukan kredit pemilikan rumah dan apartemen (KPR/KPA) dengan uang muka alias down payment (DP) 0 persen.

Namun demikian, Direktur Grup Kebijakan dan Koordinasi Makroprudensial BI Yanti Setiawan mengatakan, tak semua perbankan dapat memberikan kredit dengan LTV meksimal 100 persen atau dengan DP 0 persen.

Baca juga: Konsumen Properti Bisa Bernapas Lega, Tak Perlu Lagi Bayar Uang Muka

Menurutnya hanya perbankan dengan Non Performing Loan (NPL) atau rasio kredit bermasalah di bawah 5 persen saja yang dapat memberikan KPR/KPA dengan DP 0 persen.

"BI memberikan suatu kelonggaran untuk nilai LTV itu pada KPR/KPA maupun pembiayaan syariah itu untuk bank yang memenuhi NPL atau NPF di bawah 5 persen. Mereka dapat memberikan LTV sampai 100 persen," kata Yanti dalam diskusi online di Jakarta, Jumat (19/02/2021).

Sementara itu, untuk perbankan yang tidak memenuhi kriteria NPL/NPF di bawah 5 persen, tetap dapat memberikan kelonggaran tetapi tidak maksimal 100 persen atau terbatas.

"Kecuali untuk fasilitas rumah pertama untuk rumah tipe di bawah 21 itu tetap kita berikan 100 persen. Ini sebagai bukti dan komitmen BI untuk berikan bantuan support kepada masyarakat berpenghasilan rendah," sambungnya.

Baca juga: 1 Maret 2021, Beli Rumah DP 0 Persen Resmi Berlaku

Yanti mengaku dalam merumuskan kebijakan ini, BI telah berdiskusi dengan pihak Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Perbankan, dan asosiasi.

"Kami harap kebijakan ini jadi sesuatu kontribusi bagi bank indo dalam dorong pemulihan ekonomi nasional khususnya di sektor properti," kata dia.

Yanti mengatakan, penjualan properti pada tahun 2020 lalu tercatat masih menunjukkan peningkatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.