Kompas.com - 18/02/2021, 07:00 WIB
Kepala BPJT Danang Parikesit KOMPAS.COM/DANI PRABOWOKepala BPJT Danang Parikesit

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) bersama Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sepakat membantu PT Trans Lingkar Kita Jaya (TLJ) untuk mengatasi kendala pengadaan lahan Tol Cinere-Jagorawi atau Cijago Seksi III.

Pasalnya, hingga 17 Februari 2021, konstruksi Seksi III yang menghubungkan Kukusan-Cinere Depok sepanjang 5,5 kilometer ini tak kunjung dimulai.

Padahal, kehadiran Tol Cijago sangat penting demi konektivitas Tol Metropolitan Jadebotabek, terutama jaringan Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) II

Sejauh ini, menurut data Monitoring BPJT Progres Konstruksi Tol Metropolitan Jadebotabek, dari total enam ruas yang merupakan bagian dari jaringan Jalan Tol JORR II, hanya Tol Cijago Seksi III.

Baca juga: Sebentar Lagi, dari Cengkareng ke Pamulang Bisa Lewat Tol

Sementara ruas lainnya seperti Tol Cengkareng-Kunciran akan tuntas dan segera beroperasi tahun 2021 ini. 

Demikian halnya dengan Tol Serpong-Cinere Seksi I Serpong-Pamulang yang rencananya akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada April 2021.

Sedangkan, Tol Kunciran-Serpong sudah beroperasi dan diresmikan oleh Presiden Jokowi sejak Desember 2019 lalu.

Peta Jaringan Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2ATI Peta Jaringan Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2
Adapun Tol Cimanggis-Cibitung Seksi I sudah beroperasi pada 10 November 2020, dan menyusul Seksi II yang ditargetkan dibuka untuk umum Oktober 2021.

Tahun ini juga akan dioperasikan Tol Cibitung-Cilincing dengan total panjang 34,01 kilometer yang terbagi dalam empat seksi.

Bagaimana dengan Tol Depok-Antasari (Desari) yang posisinya terkoneksi secara radial dengan Tol JORR II?

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.