Kompas.com - 17/02/2021, 18:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Astra Tol Cipali mulai melakukan pengaspalan untuk pembuatan jalan sementara di median Km 122 Tol Cipali.

Direktur Operasi Astra Tol Cipali Agung Prasetyo mengatakan, tahap pengaspalan dilakukan pada lokasi pembangunan lajur detour sepanjang 200 meter (penggantian jalan) di median.

“Saat ini progres pekerjaan retakan tanah di KM 122 sudah memasuki tahap pengaspalan," tegas Agung dalam siaran pers yang dikutip Kompas.com, Rabu (17/2/2021).

Astra Tol Cipali memastikan lajur pengganti di median jalan ini beroperasi pada Jumat, (20/2/2021).

Meski begitu, akan dilakukan pengalihan arus lalu lintas dari contraflow KM 121+800 hingga 122+800 ke lokasi detour di median jalan.

Baca juga: Astra Memulai Pembuatan Jalan Sementara 200 Meter di Tol Cipali

Sebelum dibukanya lajur pengganti ini, Astra Tol Cipali akan berkoordinasi dengan pihak Kepolisian dan Dinas Perhubungan agar pelaksanaan pengalihan jalur dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Meskipun kondisi lalu lintas di sepanjang Tol Cipali khususnya Km 122 terpantau lancar dan dapat dilalui dengan normal, Astra Tol Cipali mengimbau para pengguna jalan untuk selalu waspada dan selalu berhati-hati dalam berkendara.

"Di tengah cuaca dengan intensitas hujan cukup sering di ruas Tol Cipali diimbau untuk berkendara dalam batas maksimal 70 kilometer per jam saat kondisi tersebut," ucap Agung.

Tol Cipali mengalami ambles sepanjang 40 meter di Km 122+400 arah Jakarta, berada di Kabupaten Subang, Senin (8/2/2021).

Intensitas dan curah hujan tinggi membuat banyak volume air masuk ke dalam lapisan dasar atau base layer jalan tol melalui retakan.

Kondisi tersebut diperparah dengan banyaknya kendaraan dengan beban berat yang melintas untuk menghindari banjir di jalur pantai utara (Pantura) Jawa.

Hal ini menyebabkan keretakan bertambah pada pukul 22.00 WIB dan memburuk sehingga terjadi amblesan lebih besar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.