Bendungan Tugu dan Gongseng Siap Diisi Air

Kompas.com - 14/02/2021, 20:19 WIB
Maket Anjungan Cerdas Bendungan Tugu Trenggalek????. Dokumentasi Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR.
Dok Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR.Maket Anjungan Cerdas Bendungan Tugu Trenggalek????. Dokumentasi Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR.

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan terdapat dua bendungan di Jawa Timur yang ditargetkan rampung dan siap diresmikan pada tahun ini.

Kedua Bendungan tersebut yaitu Bendungan Tugu di Trenggalek, dan Bendungan Gongseng di Bojonegoro.

"Insya Allah menurut informasi Pak Menteri PUPR, Bendungan Tugu dan Gongseng ini bulan Juni 2021 sudah siap impounding (pengisian awal)," kata Khofifah saat peresmian Bendungan Tukul oleh Presiden Jokowi di Pacitan, Jawa Timur, Minggu (14/02/2021).

Khofifah menjelaskan, setelah lima bulan impounding dilakukan, kedua bendungan ini akan memasuki tahap peresmian.

Baca juga: Setelah Bendungan Tukul, 3 Lainnya Bakal Diresmikan Pekan Depan

Dia meminta kepada Presiden Joko Widodo untuk meresmikan kedua bendungan tersebut.

Selain kedua bendungan tersebut, masih ada sejumlah bendungan lain di Jawa Timur yang hingga saat ini masih dalam proses pembangunan.

Bendungan tersebut adalah Bendungan Bagong di Kabupaten Trenggalek, Bendungan Bendo di Kabupaten Ponorogo, dan Bendungan Semantok di Kabupaten Nganjuk.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Jokowi meresmikan Bendungan Tukul di Kabupaten Pacitan Jawa Timur, Minggu (15/02/2021).

Baca juga: Mampu Mengairi 600 Hektar Sawah, Bendungan Tukul Diresmikan

Jokowi menjelaskan keberadaan bendungan di suatu wilayah memiliki peran yang sangat penting bagi masyarakat sebagai sumber air irigasi untuk mengairi lahan sawah, dan mendorong produktivitas petani di kawasan tersebut.

Selain itu, manfaat lain dari dibangunnya bendungan yaitu dapat meningkatkan indeks pertanaman petani setiap tahunnya, dan berperan penting mengendalikan banjir.

 



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X