[POPULER PROPERTI] Mafia Tanah Palsukan KTP Milik Ibunda Dino Patti Djalal

Kompas.com - 12/02/2021, 12:18 WIB
Mantan Wakil Menteri Luar Negeri Dino Patti Djalal bersama ibunya saat bertemu dengan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan A Djalil untuk menyampaikan masalah sindikat tanah. Akun Twitter @dinopattidjalalMantan Wakil Menteri Luar Negeri Dino Patti Djalal bersama ibunya saat bertemu dengan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan A Djalil untuk menyampaikan masalah sindikat tanah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kasus pencurian sertifikat rumah milik Ibunda Dino Patti Jalal dilakukan secara terstruktur oleh mafia tanah.

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan A Djalil menyebut, status rumah dan tanah itu memang telah terdaftar di BPN atas nama pemilik orang lain.

Pengalihan sertifikat atas nama orang lain itu dilakukan oleh mafia tanah dengan cara memalsukan dokumen identitas KTP non-elektronik milik Ibunda Dino Patti Djalal.

Artikel tersebut menjadi berita terpopuler di kanal Properti Kompas.com, Jumat (12/2/2021).

Selengkapnya baca di sini Kasus Pencurian Sertifikat, BPN Akui Ada Mafia Tanah Palsukan KTP Milik Ibunda Dino Patti Djalal

Selain itu, Sofyan juga akan bertindak tegas berupa pemecatan jika Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) kedapatan terlibat dalam pencurian sertifikat rumah milik ibunda Dino.

"Kami tegaskan kalau ada PPAT yang terlibat, kita akan hukum tegas sekali, kalau perlu kita pecat. Jadi kita akan periksa, kita tunggu aja," kata Sofyan dalam konferensi pers virtual, di Jakarta, Kamis (11/02/2021).

Secara iternal, BPN akan memanggil dan mengaudit PPAT dan memeriksa proses pengalihan sertifikat tanah tersebut.

Jika ditemukan kesengajaan yang dilakukan anak buahnya, atau bersekongkol dengan mafia tanah tersebut maka akan dipecat.

Selanjutnya baca di sini Sofyan Akan Pecat PPAT yang Terlibat Pencurian Sertifikat Rumah Milik Ibunda Dino Patti Djalal

Saat ini, BPN telah memblokir sementara sertifikat rumah milik ibu Dino didapatkan bukti materiil dari pihak kepolisian.

Hingga saat ini, Kementerian ATR/BPN masih menunggu hasil penyelidikan dan bukti materiil dari kepolisian.

Setelah bukti materiil dari kepolisian telah terungkap, maka secara prosedural BPN baru dapat melakukan pembatalan peralihan status sertifikat tersebut.

Informasi selengkapnya bisa Anda dapatkan melalui tautan ini BPN Blokir Sementara Sertifikat Rumah Milik Ibunda Dino Patti Djalal



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X