Kompas.com - 12/02/2021, 08:00 WIB
Perakitan mobil listrik Volkswagen ID.3 di Zwickau, Jerman. REUTERS/Matthias RietschelPerakitan mobil listrik Volkswagen ID.3 di Zwickau, Jerman.

JAKARTA, KOMPAS.com - Masuknya industri kendaraan listrik dan baterai tampaknya akan menjadi bintang baru bagi sektor industri dan logistik Indonesia.

Director Colliers Interational Indonesia Rivan Munansa mengungkapkan hal itu dalam laporan Jakarta Property Outlook 2021 yang diterima Kompas.com, Kamis (11/02/2021). 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun demikian, barang konsumsi dan e-commerce akan terus meluas, dan juga data center serta fasilitas cold storage masih tetap berkembang, seperti halnya berbagai industri lainnya.

"Oleh karena itu, masih perlu analisis mendalam untuk menilai pilihan kawasan industri yang demikain beragam untuk masuknya kendaraan listrik, dan baterai. Karena tidak semua kawasan industri yang ada sesuai dengan kebutuhan industri kendaraan listrik dan baterai," tutur Rivan.

Terlepas dari apakah kendaraan listrik dan baterai merupakan industri baru atau bukan, pemilihan lokasi penting dilakukan, dan beberapa area sedang disiapkan oleh pemerintah dan juga pengembang untuk mengakomodasinya.

Baca juga: Ini Konsep Kawasan Industri Pintar Garapan Jasa Marga dan Fadel Muhammad

Selain kesiapan khusus untuk industri baru, ada persiapan lain, seperti keberadaan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Kendal, Jawa Tengah, kawasan Patimban, Subang, Jaw Barat, dan beberapa daerah lainnya.

Dengan mempertimbangkan potensi dan peluang serta berbagai langkah khusus yang dilakukan pemerintah, kesiapan sektor industri untuk menyambut industri baru terlihat positif. 

"Ini memberikan peluang yang luar biasa bagi sektor industri dan iklim investasi di Indonesia," kata Rivan.

Rivan juga menyoroti kesiapan kawasan industri dalam menyambut investor asing baru yang menurut data Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), terdapat 16 perusahaan yang berniat merelokasi investasinya ke Indonesia.

Menurut dia, banyak pengembang kawasan industri yang saat ini sedang dalam tahap peningkatan kesiapan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.