Kompas.com - 09/02/2021, 20:14 WIB
Direktur Utama PT Sarana Multigriya Finansial (SMF) Ananta Wiyogo Dokumentasi SMFDirektur Utama PT Sarana Multigriya Finansial (SMF) Ananta Wiyogo

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF siap mendukung Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) di Indonesia.

Dukungan aktif ini dilakukan untuk mendorong peningkatan volume KPR iB di Indonesia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Direktur Utama SMF Ananta Wiyogo mengatakan SMF saat ini tengah giat meningkatkan volume penyaluran KPR demi mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Salah satunya adalah dengan menggali potensi BPRS untuk dapat menjadi penyalur pembiayaan perumahan.

“SMF mengajak dan siap bergandengan tangan dengan BPR Syariah di Indonesia dalam penyediaan dana menengah panjang untuk pembiayaan perumahan,” kata Ananta dalam keterangan tertulis, Selasa (09/01/2021).

Baca juga: Kabar Gembira Buat Pengembang, Mulai 2021 SMF Salurkan Kredit Konstruksi

Ananta memandang industri perbankan syariah di Indonesia telah mengalami perkembangan yang cukup baik, kendati dunia perbankan nasional dihadang pandemi sepanjang tahun 2020.

BPRS merupakan bagian dari perbankan syariah nasional yang memilikii jumlah BPR paling banyak dibandingkan dengan Bank Umum Syariah dan Unit Usaha Syariah lainnya.

Berdasarkan data OJK, hingga saat ini setidaknya terdapat lebih dari 160 BPRS di Indonesia.

“Jumlah BPRS yang banyak ini jelas merupakan sebuah potensi. Artinya BPRS memiliki aksesbilitas lebih besar untuk menjangkau masyarakat lebih jauh," jelasnya.

Meski demikian, Ananta mengaku hingga saat ini masih sedikit BPRS melakukan penyaluran pembiayaan KPR IB.

Padahal, sektor perumahan dan properti menjadi andalan atau leading sector pemerintah untuk bisa menggerakkan perekonomian yang melemah karena pandemi Covid 19.

Ananta berharap, akan lebih banyak lagi BPRS yang dapat ikut menyalurkan pembiayaan KPR IB, sehingga turut juga membantu proses percepatan PEN.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.