BPJT Pastikan Data Pengguna Tol MLFF Aman dan Terlarang Dikapitalisasi Roatex

Kompas.com - 02/02/2021, 20:30 WIB
Ilustrasi keamanan data dok Fintech.idIlustrasi keamanan data

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danang Parikesit memastikan data pengguna jalan tol aman, dan tidak bisa dikapitalisasi Roatex Ltd Zrt.

Hal ini menyusul penerapan sistem transaksi tol non-tunai nir-sentuh berbasis Multi-Lane Free Flow (MLFF) yang secara resmi dimulai pada 2022.

Transaksi tol MLFF ini memanfaatkan teknologi berbasis Global Navigation Satellite System (GNSS), di mana pengguna jalan tol akan diperkenalkan dengan perangkat e-On Board Unit (e-Obu) yang merupakan aplikasi gawai pintar.

Selain e-OBU, pengguna juga diperkenalkan dengan OBU atau tiket perjalanan (road ticket) yang dapat diunduh melalui gawai pintar.

Roatex Ltd Zrt sendiri terpilih sebagai Badan Usaha Pelaksana (BUP) proyek Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) senilai Rp 6,4 triliun tersebut.

Baca juga: Tahap Pertama, Sistem Transaksi Tol MLFF Diterapkan di Jabodetabek, Semarang, Surabaya dan Bali

"Data pengguna jalan tol adalah kekayaan intelektual dari sistem ini. Kami pastikan, bahwa akuisisi data pengguna dimiliki oleh Pemerintah Indonesia," tegas Danang menjawab Kompas.com, Selasa (02/02/2021).

Dengan kepastian tersebut, lanjut Danang, Roatex Ltd Zrt tidak diperkenankan mengapitalisasi data yang diperoleh dari sistem transaksi tol berbasis MLFF itu untuk kepentingan komersial mereka.

Selain itu, bahwa data induk (big data) merupakan tanggung jawab Pemerintah Indonesia untuk dijaga keamanannya.

Oleh karena itu, BPJT atas supervisi Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) menjamin keamanan, kerahasiaan, dan juga risiko terhadap komersialisasi atas data publik yang dikumpulkan oleh sistem ini.

Meski akan diterapkan pada 2022 mendatang, Danang mengaku belum mendapatkan spesifikasi teknis terkait operasionalisasi teknologi gawai pintar yang bisa digunakan.

Baca juga: Ini Daftar 41 Jalan Tol yang Diberlakukan Sistem Transaksi Tanpa Setop

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X