Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

25 Proyek KPBU Senilai Rp 286,8 Triliun Siap Dilelang Tahun Ini

Kompas.com - 02/02/2021, 09:30 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA. KOMPAS.com - Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Eko Djoeli Heripoerwanto mengungkapkan terdapat 25 proyek Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) yang siap dilelangkan pada tahun 2021.

"Untuk proyek KPBU tahun 2021, yang ready to offer itu artinya yang siap untuk dilelangkan itu adalah sejumlah 25 proyek dengan nilai Rp 286,8 triliun," kata Eko dalam Rapat Dengar Pendapat bersama Komisi V DPR di Jakarta, Senin (01/02/2021).

Eko menyebut dari total proyek yang akan dilelangkan itu mayoritasnya merupakan proyek di sub sektor jalan dan jembatan.

Jumlah totalnya 21 proyek, mulai dari proyek Jalan Tol Kamal-Teluk Naga-Rajeg hingga proyek Jembatan Tanah Bumbu-Pulau Laut.

Baca juga: Ini Daftar 25 Proyek Infrastruktur KPBU Tahun 2021

Adapun total investasi keseluruhan jalan dan jembatan yang akan dilelang tahun 2021 ini diperkirakan mencapai Rp 263,518 triliun dengan total panjang 1.072 kilometer.

Selain jalan dan jembatan, terdapat juga dua proyek bendungan yang termasuk sub sektor sumber daya air yang akan dilelangkan yaitu Bendungan Merangin dan Bendungan Matenggeng dengan nilai investasi mencapai Rp 9,6 triliun.

Selanjutnya, akan dilelang juga proyek rumah susun Cisaranten Bina Harapan dengan nilai estimasi investasi sebesar Rp 1,1 triliun atau 2.738 unit.

Terakhir, proyek yang akan dilelang yaitu sistem penyediaan air minum (SPAM) Ir. H. Djuanda dengan perkiraan investasi mencapai Rp12,6 triliun.

"Jadi 25 proyek ini akan kami tawarkan pada tahun 2021 ini," ujar dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com