Terkait Renovasi Sarinah, Basuki Minta Kualitas dan Estetika Diperhatikan

Kompas.com - 30/01/2021, 08:00 WIB
Menteri PUPR lakukan tinjauan renovasi bangunan Gedung Sarinah, di Jl Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat (29/01/2021). Kementerian PUPRMenteri PUPR lakukan tinjauan renovasi bangunan Gedung Sarinah, di Jl Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat (29/01/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Proyek pemugaran atau renovasi Gedung Sarinah Thamrin ditargetkan rampung November 2021.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan renovasi Gedung Sarinah harus secara serius dilakukan terutama memperhatikan kualitas pondasi bangunan.

Menurutnya, Gedung Sarinah merupakan salah satu bangunan bersejarah yang telah berumur. Dengan demikian, renovasi ini harus dapat menjamin keamanan bangunan.

"Dalam proses renovasi ini harus memperhatikan kualitas pondasi bangunan karena Bangunan Sarinah ini bangunan tua," kata Basuki dalam tinjauannya di Gedung Sarinah Jakarta, Jumat (29/01/2021).

Baca juga: Sejarah Sarinah, Mal dan Pencakar Langit Pertama di Indonesia

Basuki mengatakan, renovasi Gedung Sarinah juga harus memperhatikan aspek estetika atau keindahan bangunan.

Dalam tinjauannya, Basuki juga melihat sejumlah ruang di Gedung Sarinah yang menampilkan karya seni.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Salah satunya karya rupa patung relief yang menjadi bagian cagar budaya yang dibuat oleh kelompok seniman Yogyakarta pada masa konstruksi Gedung Sarinah (1962-1966).

Sebagai bentuk transformasi, Gedung Sarinah akan mengalami perubahan konsep desain menara dan podium kepada bentuk aslinya.

Namun secara fungsi, gedung tersebut dirancang sebagai smart dan green building (gedung pintar dan hijau) yang dilengkapi dengan tempat area berkumpul dan penyediaan co-working space modern.

Sementara itu, Direktur Operasi III PT Wijaya Karya Sugeng Rochadi mengatakan, untuk memastikan keamanan bangunan sebelum direnovasi, kontraktor telah menggandeng tim independen yang beranggotakan tenaga ahli untuk memastikan konstruksi yang layak dikembangkan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X