Kompas.com - 28/01/2021, 06:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Marga Sarana Jabar (MSJ) akan menaikkan tarif Jalan Tol Bogor Outer Ring Road (BORR) mulai Sabtu, (30/1/2021) pukul 00.00 WIB.

Perubahan tarif ini ditetapkan melalui Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) No.08/KPTS/M/2021 tentang Penyesuaian Tarif Pada Jalan Tol BORR.

Direktur Utama PT Marga Sarana Jabar Dedi Krisnariawan Sunoto mengatakan, perusahaan berupaya melakukan peningkatan layanan di seluruh bidang pelayanan jalan tol.

"Dalam bidang transaksi misalnya dengan penambahan jumlah titik layanan bergerak berupa mobile reader (MR) sebanyak 4 unit, layanan penyediaan area Top Up Center (TUC), satu Gardu Reversible (gardu layanan dua arah)," ujar Dedi dalam siaran pers, Rabu (27/1/2021).

Baca juga: Roatex Hongaria Keluar sebagai Pemenang Tender Transaksi Tol Berbasis MLFF

Kemudian, kata Dedi, dengan adanya pembangunan Simpang Susun Sentul terintegrasi Tol Jagorawi yang dilakukan hanya 1 kali melalui Gerbang Tol (GT) Sentul Barat dapat melancarkan arus dari Tol Jagorawi menuju BORR.

Pada bidang layanan lalu lintas, MSJ melakukan penggantian marka bahu dalam menjadi kuning.

Sementara di bidang pemeliharaan, melakukan perawatan jalan dengan Scrapping Filling Overlay (SFO) dan beautifikasi taman di sepanjang jalan tol.

Secara keseluruhan, Tol BORR dibagi menjadi lima seksi yakni,  Seksi 1 Sentul-Kedung Halang sepanjang 3,85 kilometer,  Seksi 2A Kedung Halang-Kedung Badak sepanjang 1,95 kilometer, dan Seksi 2B Kedung Badak-Simpang Yasmin sepanjang 2,65 kilometer.

Kemudian, Seksi 3A Simpang Yasmin-Simpang Semplak, sepanjang 2,85 kilometer, serta
Seksi 3B Simpang Semplak-Junction Salabenda sepanjang 2,5 kilometer direncanakan akan dibangun pada tahun 2022.

Baca juga: Pemerintah Ungkap Divestasi 9 Ruas Tol karena Waskita Kesulitan Likuiditas

Berikut ini daftar tarif baru Tol BORR Segmen Sentul Selatan-Simpang Semplak (Seksi 1-2B + 3A):

  • Golongan I: Rp 14.000 semula Rp 10.000
  • Golongan II: Rp 21.000 semula Rp 15.000
  • Golongan III: Rp 21.000 semula Rp 15.000
  • Golongan IV: Rp 28.000 semula Rp 20.000
  • Golongan V: Rp 28.000 semula Rp 20.000
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.