Pemerintah Ungkap Divestasi 9 Ruas Tol karena Waskita Kesulitan Likuiditas

Kompas.com - 27/01/2021, 20:30 WIB
Sebagian ruas Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (MKTT) yang tengah dikerjakan. Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPRSebagian ruas Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (MKTT) yang tengah dikerjakan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Hedy Rahadian mengungkapkan, PT Waskita Karya (Persero) Tbk akan melepas kepemilikan saham atau divestasi 9 ruas jalan tol pada tahun ini.

Menurutnya, langkah divestasi tersebut dilakukan karena PT Waskita Karya (Persero) Tbk tengah menghadapi kesulitan likuiditas.

"Jadi Waskita Karya memang perlu melakukan divestasi karena berada dalam kesulitan likuiditas dan ini ada 9 ruas jalan tol yang akan dilepas," kata Hedy dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan komisi V DPR RI di Gedung DPR Jakarta pada Rabu (27/01/2021).

Baca juga: Waskita Lepas 9 Jalan Tol Senilai Rp 11 Triliun

Hedy menjelaskan permasalahan yang tengah dihadapi oleh PT Waskita Karya (Persero) Tbk saat ini merupakan langkah perusahaan (corporate action) untuk memperbaiki kondisi likuiditasnya.

"Sebenarnya bukan full government problem yang masalah divestasi ini. Tapi ini semuanya adalah corporate action. Jadi kami tidak masuk terlalu dalam kecuali kalau Waskita Karya butuh dukungan yang bisa kami lakukan," tutur Hedy.

Adapun 9 ruas jalan tol milik PT Waskita Karya yang rencananya akan didivestasi adalah:

1. Ruas Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi sepanjang 61,70 kilometer (Seksi 1-7) dengan porsi kepemilikan saham PT Waskita Toll Road sebesar 30 persen.

2. Ruas Jalan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat sepanjang 143,25 kilometer (Seksi 1- 6) dengan dengan kepemilikan saham PT Waskita Tol Road 30 persen.

3. Ruas Jalan Tol Cibitung-Cilincing 34 kilometer (Seksi 1-4) dengan kepemilikan saham PT Waskita Tol Road 55 persen.

4. Ruas Jalan Tol Cinere-Serpong sepanjang 10,4 kilometer (Seksi 1-2) dengan kepemilikan saham PT Waskita Tol Road 35 persen.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X