Malaysia Akan Uji Coba Kereta Tanpa Awak Kuartal I-2021

Kompas.com - 22/01/2021, 18:00 WIB
Malaysia akan menguji coba sistem angkutan umum autonomous rail rapid transit (ART) tahun 2021. www.amanz.myMalaysia akan menguji coba sistem angkutan umum autonomous rail rapid transit (ART) tahun 2021.

KOMPAS.com - Malaysia akan menguji coba sistem angkutan cepat otomatis atau Autonomous Rail Rapid Transit ( ART) pada tahun 2021 ini.

Melansir Amanz.my, satu rangkaian gerbong kendaraan umum tanpa pengemudi ini telah tiba di Johor, Malaysia. Selanjutnya, bus ini akan dilakukan tes uji coba dalam waktu dekat.

Tes akan dilakukan pada kuartal pertama 2021 setelah sempat terganggu tahun lalu akibat wabah Covid-19.

Rangkaian ART akan digunakan untuk layanan Iskandar Malaysia Bus Rapid Transit (IMBRT) dan beroperasi di Johor Malaysia.

Perusahaan yang memproduksi ART ini adalah China Railway Construction Corporation (CRCC) yang juga telah memproduksi gerbong kereta api untuk layanan Kereta api Tanah Melayu (KTM) Intercity di negeri jiran tersebut.

Baca juga: Berbatasan dengan Malaysia, Bakal Pusat Ekonomi Nunukan Tuntas 2021

ART adalah sistem transit berkapasitas sedang untuk transportasi penumpang perkotaan yang menggunakan teknologi terdepan.

Kendaraan ini diklaim dapat menghemat biaya operasional dan mampu mengangkut penumpang dengan jumlah yang lebih banyak.

Adapun keunikan ART adalah kendaraan ini dapat beroperasi secara swakemudi atau tanpa pengemudi dan hanya membutuhkan rambu jalan khusus agar tetap berada di jalur yang benar.

Kendaraan ini juga menggunakan tenaga listrik untuk beroperasi dan sekaligus dapat mengurangi polusi di daerah perkotaan.

Selain itu, terdapat sensor yang dapat membaca trek jalan secara virtual sehingga secara otomatis dapat menavigasi rutenya sendiri.

Halaman:


Sumber Amanz
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X