PHRI Minta Pemprov DKI Gelar Event Datangkan Turis Asing dan Domestik

Kompas.com - 17/01/2021, 18:47 WIB
Ilustrasi hotel whyframestudioIlustrasi hotel

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia ( PHRI) DKI Jakarta Sutrisno Iwantono mengatakan, hotel dan restoran merupakan sektor yang paling terpuruk dan terdampak Pandemi Covid-19.

Kedua sektor ini memerlukan waktu yang panjang untuk dapat pulih kembali, dibandingkan sektor lainnya.

"Parahnya, di tengah pandemi Covid-19 jumlah hotel dan restoran yang beroperasi jauh di bawah 25 persen," kata Sutrisno dalam keterangan tertulis, Minggu (17/01/2021).

Kondisi hotel dan restoran di Jakarta saat ini sepi pengunjung. Akibatnya, keuangan perusahaan terguncang.

Baca juga: Industri Hotel dan Restoran di Jakarta Terpuruk, PHRI Minta Keringanan Pajak

Oleh karena itu, PHRI meminta Pemprov DKI Jakarta membuat program khusus yang dapat mendatangkan turis asing maupun domestik ke Jakarta.

Mereka bisa memesan kamar hotel, dan juga makanan sehingga sektor hotel dan restoran dapat berdenyut kembali.

"Kami rekomendasikan agar pemerintah membuat program khusus agar turis baik asing maupun domestik bertahan beberapa hari di Jakarta. Mereka bisa menginap di hotel, makan di restoran, dan mengunjungi berbagai objek wisata," tutur Sutrisno.

Selain itu, kegiatan rapat-rapat pemerintah dan badan usaha milik negara (BUMN) ataupun BUMD dapat dilakukan dengan menggunakan hotel-hotel dan restoran-restoran di Jakarta.

PHRI sepakat membangun gerakan kebangkitan agar pelaku usaha hotel dan restoran tidak semakin terpuruk dan bisa bangkit pada tahun 2021.

Hingga saat ini, terdapat 991 hotel yang beroperasi di Jakarta. Dari total jumlah tersebut, sebanyak 397 merupakan hotel berbintang, dan 594 lainnya hotel non-bintang.

Sementara jumlah restoran jauh lebih banyak, diperkirakan mencapai puluhan ribu restoran di seluruh ibu kota.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X