Ridwan Kamil Usulkan Kawasan Rebana Jadi Proyek Strategis Nasional

Kompas.com - 08/01/2021, 10:46 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat ditemui di Gedung DPRD Jabar, Kota Bandung, Senin (23/11/2020). KOMPAS.COM/DENDI RAMDHANIGubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat ditemui di Gedung DPRD Jabar, Kota Bandung, Senin (23/11/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengusulkan kepada pemerintah pusat agar kawasan Cirebon-Subang-Majalengka ( Rebana) dijadikan sebagai proyek strategis nasional (PSN).

Hal itu menyusul dibangunnya Pelabuhan Internasional Patimban yang merupakan salah satu PSN seluas 369 hektar dan lahan cadangan 359 hektar yang Berlokasi di Subang Jawa Barat.

"Kami mengusulkan agar para menteri bisa memperjuangkan kawasan Rebana ini menjadi PSN,  sehingga tidak hanya Patimban-nya tetapi kawasan regionalnya juga," kata Ridwan dalam public expose Pelabuhan Internasional Patimban, di Jakarta, Kamis (07/01/2021).

Ridwan menjelaskan, Pelabuhan Internasional Patimban sebagai pelabuhan pengiriman barang dan logistik terbesar di Indonesia harus dapat mendorong kemajuan wilayah-wilayah di sekitarnya.

Baca juga: Ridwan Kamil Jadikan Rebana Kota Metropolitan Ketiga di Jawa Barat

Misalnya di daerah Indramayu yang ternasuk dalam 13 Kota Baru yang akan menjadi Kota Metropolitan Rebana, terdapat pabrik petrokimia yang membutuhkan dukungan akses untuk menjangkau Pelabuhan Internasional Patimban.

"Investasi industri petrokimia ini sudah disiapkan oleh investor senilai Rp 300 triliun," ungkap Ridwan.

Namun, konektivitas industri di Indramayu ini belum dibangun, sehingga tidak ada akses menuju Pelabuhan Internasional Patimban.

Ke-13 kota baru yang nantinya akan menjadi Kota Metropolitan Rebana Cipali West Subang seluas (10.408 hektar), Bulum (4.092 hektar), Tukdana (563 hektar), Patrol (4.141 hektar), Cipali East Subang (4.806 hektar).

Kemudian Losarang (6.710 hektar), Cirebon (1.815 hektar), Kertajati (1.415 hektar), Cipali Indramayu (2.875 hektar), Krangkeng (3.452 hektar), Balongan (2.122 hektar), Patimban (542 hektar), dan Jatiwangi (972 hektar).

Dengan demikian, total Kawasan Kota Metropolitan Rebana adalah seluas 43.913 hektar.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X