Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil Jadikan Rebana Kota Metropolitan Ketiga di Jawa Barat

Kompas.com - 07/01/2021, 18:36 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS. com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan menjadikan wilayah Cirebon-Subang-Majalengka (Rebana) sebagai kota metropolitan ketiga di Jawa Barat.

Hal itu menyusul dibangunnya Pelabuhan Internasional Patimban yang merupakan salah satu proyek strategis nasional (PSN) seluas 369 hektar dan lahan cadangan 359 hektar yang berlokasi di Subang.

Menurut Ridwan, Rebana adalah kota metropolitan ketiga di Jawa Barat, setelah Bodebek yang bergabung dengan Jabodetabek, dan Bandung Raya.

Ridwan menjelaskan alasan dibentuknya Kota Metropolitan Rebana adalah karena Pelabuhan Internasional Patimban merupakan pintu yang akan menggerakkan ekonomi dalam skala regional di Jawa Barat.

Baca juga: Ada Jalan Akses, Jakarta-Pelabuhan Patimban hanya 3 Jam

Definisi Kota Metropolitan sendiri merupakan kawasan regional yang yang melakukan pengembangan dalam satu konsep dan terdiri dari multi pusat pertumbuhan.

"Akan ada 13 kota baru dan salah satunya adalah Patimban. Dan menurut saya, Rebana satu-satunya wilayah regional yang paling lengkap di Indonesia, karena kawasan regional ini memiliki pelabuhan dan bandara yang berdekatan yaitu Pelabuhan Patimban dan Bandara Kertajati," tutur Ridwan, dalam public expose Pelabuhan Patimban, Kamis (07/01/2021).

Selain pelabuhan dan bandara, wilayah regional Rebana ini juga terkoneksi atau dilewati Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali), dan jalur kereta api arah Cirebon dan Surabaya.

Kedua infrastruktur konektivitas ini bisa dimanfaatkan untuk koneksi intermoda di wilayah Rebana.

Ridwan menambahkan harga tanah di wilayah yang masih terbilang murah juga dapat dimanfaatkan oleh investor untuk membangun usahanya sekaligus memajukan wilayah tersebut.

Baca juga: Pelabuhan Patimban Disebut Bakal Kalahkan Shanghai dan Singapura

Jadi, dalam 20 tahun mendatang Kota Metropolitan Rebana ini diproyeksikan akan menjadi wajah baru modern di Jawa Barat.

Ke-13 kota baru yang nantinya akan menjadi Kota Metropolitan Rebana Cipali West Subang seluas (10.408 hektar), Bulum (4.092 hektar), Tukdana (563 hektar), Patrol (4.141 hektar), Cipali East Subang (4.806 hektar).

Kemudian Losarang (6.710 hektar), Cirebon (1.815 hektar), Kertajati (1.415 hektar), Cipali Indramayu (2.875 hektar), Krangkeng (3.452 hektar), Balongan (2.122 hektar), Patimban (542 hektar), dan Jatiwangi (972 hektar).

Dengan demikian, total Kawasan Kota Metropolitan Rebana adalah seluas 43.913 hektar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com