Bangun Pengolahan Air Bersih, Potum Dapat Pinjaman Rp 95 Miliar

Kompas.com - 06/01/2021, 17:35 WIB
Perjanjian kerja sama pemberian fasilitas pinjaman berjangka senior antara PT Potum Mundi Infranusantara dengan PT Indonesia Infrastructure Finance (IIF) sebesar Rp 95 miliar. Dok. PT Nusantara Infrastructure TbkPerjanjian kerja sama pemberian fasilitas pinjaman berjangka senior antara PT Potum Mundi Infranusantara dengan PT Indonesia Infrastructure Finance (IIF) sebesar Rp 95 miliar.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Potum Mundi Infranusantara atau Potum menerima fasilitas pinjaman berjangka senior senilai Rp 95 miliar dari PT Indonesia Infrastructure Finance (IIF).

Perlu diketahui, IIF merupakan salah satu pemegang saham dari PT Nusantara Infrastructure Tbk.

Perjanjian kerja sama diteken oleh Presiden Direktur PT Nusantara Infrastructure Tbk Ramdani Basri, Presiden Direktur Potum Danni Hasan, dan Presiden Direktur IIF Reynaldi Hermansjah.

Kemudian, Direktur Investasi IIF Bayu Wirawan, Direktur PT Sarana Catur Tirta Kelola (SCTK) Donny Pradono Suleiman, Senior Vice President PT Bank Central Asia Tbk atau BCA Dhejani Surjadi, serta Vice President BCA Sutiawati.

Baca juga: Nusantara Infrastructure Siapkan Rp 800 Miliar Bangun Tol Layang JORR

Presiden Direktur Potum Danni Hasan mengungkapkan, sebagai salah satu pemegang saham PT Nusantara Infrastructure Tbk, IIF turut serta mendukung perusahan dalam pengembangan bisnis, khususnya sektor pengelolaan air bersih.

"Langkah ini kami jadikan sebagai momen positif untuk dapat mendukung target dan
pencapaian perusahaan dalam memperkuat pengembangan bisnis aset baru di beberapa
daerah strategis di Indonesia," terang Danni dalam siaran persnya, Rabu (6/1/2021).

Misalnya, pengelolaan air bersih untuk mendukung pengembangan Kawasan Industri Semarang sebesar 100 liter per detik dan Kawasan Perumahan dan Industri di Kabupaten Bekasi sebanyak 200 liter per detik.

Pemberian fasilitas pinjaman berjangka senior ini terdiri atas pembiayaan konvensional yang diberikan kepada Potum dalam jangka waktu selama 11 tahun.

Dalam perjanjian kerja sama ini, BCA bertindak sebagai agen jaminan sekaligus penampungan. 

Sebelumnya, Potum telah mengoperasikan tiga instalasi pengolahan air bersih atau Water Treatment Plant ( WTP) dengan total kapasitas 2.025 liter per detik melalui SCTK di Serang, Banten, PT Dain Celicani Cemerlang (DCC) di Medan, Sumatera Utara, dan PT Tirta Kencana Cahaya Mandiri (TKCM) di Cikokol, Tangerang.

Air bersih yang dihasilkan ketiga WTP tersebut kemudian disalurkan melalui Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) setempat.

Hal ini berguna untuk memenuhi kebutuhan industri dan perumahan, juga mendukung program pemerintah dalam menanggulangi krisis air bersih yang berkembang di Indonesia.

Tidak hanya itu, Potum juga berpartisipasi dalam penyelenggaraan proyek-proyek yang diadakan oleh Pemerintah atau PDAM baik dalam skema business-to-business ( B2B) maupun Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha ( KPBU) untuk melayani kebutuhan air beberapa daerah di Indonesia.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X