Hingga 2020, Indonesia Nomor Dua di Asia Tenggara untuk Urusan Pencakar Langit

Kompas.com - 31/12/2020, 21:39 WIB
Autograph Tower, di Kompleks Thamrin Nine, Jakarta Pusat, dijadwalkan beroperasi enam bulan setelah terah terima pada April 2021. Putra Gaya WahanaAutograph Tower, di Kompleks Thamrin Nine, Jakarta Pusat, dijadwalkan beroperasi enam bulan setelah terah terima pada April 2021.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tahun 2020 tak lama lagi berakhir. Menutup tahun yang penuh tantangan ini, Indonesia mencatat sejarah baru.

Negara dengan luas wilayah 1.910.931 kilometer persegi ini memiliki supertall yakni pencakar langit dengan ketinggian di atas 300 meter.

Pencakar langit tersebut adalah Autograph Tower yang berada di kompleks pengembangan multifungsi Thamrin Nine, Jakarta Pusat.

Konstruksi Autograph Tower telah mencapai tutup atap atau topping off pada Oktober 2020.

Gedung ini akan dioperasikan Tahun 2021 atau enam bulan setelah proses serah terima kepada tenant yang dijadwalkan secara bertahap mulai April.

Baca juga: Thamrin Nine Pecahkan Rekor Gedung Tertinggi di Indonesia 382,9 Meter

Secara struktur yang dihitung dari lantai dasar dan mengacu pada ketentuan Council on Tall Buildings and Urban Habitat (CTBUH), ketinggian Autograph Tower mencapai 382,9 meter.

Namun, jika dihitung dari atas permukaan tanah, gedung yang bakal difungsikan sebagai perkantoran dan hotel ini menjulang 385 meter.

Tentu saja, pencakar langit ini memecahkan rekor tertinggi di Indonesia. Sebelumnya, rekor gedung terjangkung dipegang oleh Gama Tower milik dua bersaudara Ganda dan Martua Sitorus, yang mengangkasa 285 meter.

Gama Tower, Kuningan, Jakarta, Senin (12/02/2018).MAULANA MAHARDHIKA Gama Tower, Kuningan, Jakarta, Senin (12/02/2018).
Kendati baru akan memiliki satu supertall, namun Indonesia boleh berbangga, karena hingga akhir 2020 telah membangun 105 gedung dengan ketinggian di atas 150 meter.

Dengan jumlah gedung ini, Indonesia nomor dua di Asia Tenggara, mengungguli Malaysia dengan angka 97 gedung, Singapura 94 gedung, dan Vietnam 29 gedung.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X