Periode 2020-2024, Pemerintah Tambah 2.500 Kilometer Jalan Tol Baru

Kompas.com - 21/12/2020, 12:39 WIB
Ruas Tol Jagorawi Jasa marga Ruas Tol Jagorawi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah menargetkan pembangunan jalan tol pada periode 2020-2024 mencapai 2.500 kilometer.

Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Hedy Rahadian menuturkan, kapasitas natural (natural capacity) Pemerintah membangun jalan tol per tahunnya sepanjang 500 kilometer.

"Artinya, kami melihat kapasitas natural saat ini untuk membangun jalan tol itu sekitar 500 kilometer per tahun," terang Hedy dalam webinar nasional bertajuk " Konektivitas Prasarana Jalan untuk Kesejahteraan Bangsa", Senin (21/12/2020).

Sebelumnya, kata Hedy, pembangunan jalan tol pada periode 2015-2019 telah tercapai sepanjang 1.298 kilometer.

Artinya, pembangunan jalan tol pada periode tersebut mencapai sekiranya 300 hingga 400 kilometer per tahunnya.

Pemerintah berharap bisa meningkatkan kapasitas alami dalam target pembangunan jalan tol yang diikuti dengan berbagai inovasi, terutama di bidang finansial pembiayaan jalan.

Baca juga: Pemerintah Targetkan Travel Time 1,,9 Jam Per 100 Kilometer

Adapun jalan tol yang telah selesai konstruksinya pada tahun 2020 yakni, Tol Pekanbaru-Dumai, Tol Manado-Bitung ruas Manado-Danowudu, dan Tol Depok-Antasari Seksi II Brigif-Sawangan.

Kemudian, Tol Sigli-Banda Aceh Seksi IV Indrapuri-Blang Bintang, Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 1 (Junction Cimanggis-On/Off Ramp Jatikarya), Tol Krian-Legundi-Bunder-Manyar Seksi 1-3, Tol Bogor Outer Ring Road (BORR) Seksi 3A (Simpang Yasmin-Simpang Semplak), serta Tol Pandaan-Malang Seksi V Pakis-Malang.

Tol Pekanbaru-Dumai sepanjang 131 kilometer telah diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat, Jumat (25/9/2020).

Tol Pekanbaru-Dumai merupakan bagian dari Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) sepanjang 2.878 kilometer yang membentang dari Lampung hingga Aceh sebagai koridor utama.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X