Belum Sebulan Groundbreaking, 200 Hektar Lahan Subang Smartpolitan Diminati Investor Asing

Kompas.com - 16/12/2020, 10:00 WIB
Subang Smartpolitan Surya Semesta InternusaSubang Smartpolitan

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Surya Semesta Internusa Tbk (SSIA) melalui anak usahanya PT Suryacipta Swadaya (Suryacipta) baru saja memulai pembangunan kota mandiri Subang Smartpolitan, pada Rabu (18/11/2020).

Hingga saat ini, Suryacipta telah menerima permintaan seluas 200 hektar dari investor asing yang berencana melakukan ekspansi bisnis di Subang Smartpolitan.

VP Head of Investor Relations PT Surya Semesta Internusa Tbk Erlin Budiman mengungkapkan hal itu kepada Kompas.com, Selasa (15/12/2020).

"Investor asing ini didominasi oleh Jepang, terutama dari perusahaan yang terkait otomotif. Disusul China dari sektor manufaktur. Kemudian Korea Selatan, Taiwan, dan Eropa yang merupakan produsen bahan bangunan," tutur Erlin.

Namun demikian, Erlin tidak menyebutkan masing-masing nama perusahaan asing tersebut, karena adanya non-disclosure agreement (NDA).

Baca juga: Laba Surya Semesta Internusa Melonjak 145 Persen

"Perusahaan akan mengumumkannya setelah perjanjian ditandatangani kedua belah pihak," imbuh Erlin.

Subang Smartpolitan menempati area seluas 2.700 hektar di Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Menurut Presiden Direktur PT Surya Semesta Internusa Tbk Johannes Suriadjaja, lokasi kota mandiri ini cukup strategis karena diapit dan dikelilingi sejumlah infrastruktur yang masuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) baik yang sudah, sedang, dan akan dikerjakan.

Sebut saja Jalan Tol Trans-Jawa ruas Tol Cikopo-Palimanan (Cipali), Jalan Tol Akses Patimban, Jalan Akses Patimban, Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Pelabuhan Patimban, dan Bandara Internasional Jawa Barat Kertajati.

"Bahkan, salah satu infrastruktur konektivitas tersebut yakni Jalan Tol Akses Patimban diprakarsai oleh PT Surya Semesta Internusa Tbk bersama PT Jasa Marga (Persero) Tbk, PT Daya Mulia Turangga dan PT Jasa Sarana, akan terintegrasi dengan kota mandiri ini," urai Johannes saat ground breaking Subang Metropolitan, Rabu (18/11/2020).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X