Dirut MRT Jakarta William Sabandar, Presiden Baru Intelligent Transport System

Kompas.com - 08/12/2020, 13:30 WIB
Direktur Utama PT MRT Jakarta William Sabandar di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat, Minggu (24/3/2019). KOMPAS.com/NURSITA SARIDirektur Utama PT MRT Jakarta William Sabandar di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat, Minggu (24/3/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama (Dirut) PT MRT Jakarta William Sabandar tepilih menjadi Presiden Intelligent Transport System (ITS) Indonesia untuk periode Tahun 2020–2023.

Terpilihnya William sebagai Presiden ITS periode 2020-2023 menggantikan Presiden ITS periode sebelumnya 2017-2020 yaitu Noni Sri Ayati Purnomo.

Hal itu ditetapkan melalui kongres pergantian kepengurusan ITS yang digelar secara online di Jakarta pada Sabtu, (05/12/2020).

Adapun acara tersebut dihadiri oleh sejumlah anggota yang berasal dari perusahaan dan institusi pemerintah.

Di antaranya Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Kepenterian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Bank Indonesia, PT MRT Jakarta (perseroda), dan PT Transjakarta.

Baca juga: MRT Jakarta Jawara DTKJ Awards 2020

Selan itu hadir juga PT Blue Bird Tbk, PT LRT Jakarta, Masyarakat Transportasi Indonesia, Sekolah TInggi Transportasi Darat dan Universitan Gajah Mada (UGM).

Dalam sambutannya William mengatakan dirinya berkomitmen akan terus mendorong penelitian dan inovasi disektor tranportasi.

"Kami akan terus mendorong penelitian dan inovasi di sektor trasnportasi baik dalam aspek teknolohi, pengetahuan dankebijakan dalam upaya transformasi digital dalam pengembangan transportasi," kata William dalam keterangan yang diterima Kompas.com, Selasa (08/12/2020).

Selain itu, William juga akan membuka kolaborasi seluas-luasnya dengan berbagai industri dan lembaga pemerintahan. Hal itu penting untuk mendorong kemajuan trasnportasi di Indonesia.

"ITS Indonesia akan membuka seluas-luasnya ruang kolaborasi dengan berbagai industri dan lembaga pemerintahan, termasuk dengan masyarakat sipil," imbuh dia.

ITS Indonesia adalah bagian dari ITS Asia-Pacific Forum dan ITS World Community yang merupakan sebuah organisasi nirlaba yang dibentuk bersama antara industri, akademisi, instansi pemerintah dan masyarakat untuk mendorong inisiatif pembangunan dan penggunaan transportasi pintar.

Sistem ini mempunyai tujuan dasar untuk membuat sistem transportasi yang cerdas sehingga dapat membantu pengguna transportasi mendapatkan informasi.

Kemudian mempermudah transaksi, meningkatkan kapasitas prasarana dan sarana, mengurangi kemacetan, meningkatkan keamanan dan kenyamanan, serta mengurangi polusi lingkungan.

Keberadaan inovasi ITS ini juga sejalan dengan konsep kota pintar atau smart city yang sudah mulai diterapkan di beberapa kota di Indonesia, salah satunya Kota Jakarta.

 



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X