9 Anggota Dewan Arsitek Indonesia Resmi Dikukuhkan

Kompas.com - 03/12/2020, 18:16 WIB
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono sesaat setelah menandatangani Naskah Persetujuan Perjanjian Kerjasama Penyelenggaraan Peringatan Hari Habitat Dunia pada Selasa (29/9/2020). (DOK. Kementerian PUPR) Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono sesaat setelah menandatangani Naskah Persetujuan Perjanjian Kerjasama Penyelenggaraan Peringatan Hari Habitat Dunia pada Selasa (29/9/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengukuhkan sembilan orang Dewan Arsitek Indonesia ( DAI) di Gedung Kementerian PUPR, Jakarta, Kamis (03/12/2020).

"Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang Maha Esa atas taufik dan hidayah-Nya, pada hari ini saya Menteri PUPR secara resmi mengukuhkan saudara-saudara Bapak, Ibu, sekalian sebagai dewan arsitek Indonesia," kata Basuki.

Menurut Basuki, beban dan tugas yang akan dilakukan DAI ini sangat berat. Salah satunya yaitu melakukan seleksi secara ketat arsitek-arsitek yang boleh dan tidak menjalankan tugasnya sebagai arsitek di Indonesia.

Karenanya, sebelum dikukuhkan Basuki juga meminta kepada calon terpilih untuk terlebih dahulu menunduk dan merenung sejenak meluruskan niat sebagai anggota DAI.

Baca juga: Arsitek Ikut Bertanggung Jawab Atas Kemacetan Kota

"Tugas Dewan Arsitek Indonesia ini berat, karenanya saya mohon untuk memerenung sejenak dan meluruskan niat bapak dan ibu sekalian akan menerima pengukuhan dewan arsitek Indonesia dengan niat yang baik karena saya percaya dengan niat yang baik Itulah semua tugas Insyaallah akan diridhoi oleh Allah Subhanahu Wa Ta'ala," ujarnya.

Dalam pidatonya Basuki menjelaskan, keberadaan DAI ini sangat penting terutama untuk meningkatkan kualitas dan profesionalitas para arsitek di Indonesia.

Dengan demikian para arsitek dapat bertanggung jawab terhadap keselamatan bangunan untuk masyarakat.

Basuki mengaku, dalam melakukan berbagai pembangunan infrastruktur di Indonesia, Kementerian PUPR selalu melibatkan aristek dan bekerja sama dengan Ikatan Arsitek Indonesia (IAI).

"Arsitek sudah menjadi keakraban kami, saya pribadi berhubungan dengan arsitek secara intens sejak 5 tahun yang lalu, bahka pada saat saya menjadi dirjen, waktu itu dimulai dengan renovasi venue Gelora Bung karno (GBK)," ujarnya.

Sementara itu, Panitia Seleksi (Pansel) DAI Gandi Sugiono mengatakan seleksi calon anggota DAI telah dimulai sejak September 2019 dengan jumlah anggota Pansel DAI sebanyak 10 orang.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X