Ambil Alih Marriott Jogjakarta, Pakuwon Punya 8 Aset Hotel

Kompas.com - 01/12/2020, 09:30 WIB
Marriott Hotel Jogjakarta Pakuwon JatiMarriott Hotel Jogjakarta

JAKARTA, KOMPAS.com -  PT Pakuwon Jati Tbk membeli aset properti yang telah beroperasi dari PT Delta Merlin Dunia Properti (DMDP) senilai Rp 1,359 triliun.

Aset tersebut berupa Hartono Lifestyle Mall Jogja dan Hartono Lifestyle Mall Solo yang merupakan pusat belanja dengan ukuran terluas di wilayahnya masing-masing.

Selain dua pusat belanja tersebut, Pakuwon juga membeli Marriott Hotel Jogja yang berada dalam satu kompleks pengembangan dengan Hartono Lifestyle Mall Jogja.

Hotel bintang lima ini memiliki total 347 kamar, yang terbagi dalam 193 deluxe, 133 club, tujuh premier double, 13 junior suites, satu presidential suites.

Baca juga: Akuisisi Dua Mal dan Hotel Bintang Lima, Pakuwon Kucurkan Rp 1,359 Triliun

Menurut Sekretaris Perusahaan PT Pakuwon Jati Tbk Minarto Basuki, alasan dibelinya Hartono  Lifestyle Mall Jogja, Marriott Hotel Jogja dan Hartono Lifestyle Mall Solo, adalah sebagai langkah diversifikasi geografis untuk memperoleh potensi atau peluang basis pertumbuhan baru di luar Surabaya dan Jakarta.

"Adapun sumber pendanaan untuk pembelian berasal dari kas internal Perusahaan," kata Minarto dalam suratnya kepada Kompas.com, Senin (30/11/2020).

Perusahaan, lanjut Minarto, memiliki sumber daya yang cukup untuk mengelola tambahan portofolio properti ini.

Hal ini karena kondisi keuangan berupa posisi kas dan setara kas Perusahaan cukup untuk mendanai pembelian di atas dan tidak akan mengganggu stabilitas arus kas Perusahaan.

Baca juga: Pakuwon, Pemilik Mal Terluas Se-Indonesia dengan Total 66,3 Hektar

Dengan transaksi tersebut, Perusahaan menambah portofolio properti dalam keadaan beroperasi, yang akan semakin memperkuat basis pertumbuhan dari peningkatan pendapatan berulang (recurring income) maupun arus kas Perusahaan untuk tahun-tahun mendatang.

Dengan demikian, hingga saat ini PT Pakuwon Jati Tbk memiliki delapan hotel sebagai bisnis hospitalitas.

Kedelapan hotel tersebut adalah:

  1. Sheraton Grand Jakarta Gandaria City
  2. Somerset Berlian Jakarta
  3. Sheraton Hotel Surabaya Hotel and Towers
  4. Ascott Waterplace Surabaya
  5. Four Points by Sheraton Surabaya
  6. The Westin Surabaya
  7. Fourpoints by Sheraton Surabay Pakuwon Indah
  8. Marriott Hotel Jogjakarta

 

 



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X