Akuisisi Dua Mal dan Hotel Bintang Lima, Pakuwon Kucurkan Rp 1,359 Triliun

Kompas.com - 30/11/2020, 11:30 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kabar pengambilalihan dua pusat belanja Hartono Lifestyle Mall Jogja dan Hartono Lifestyle Mall Solo diumumkan PT Pakuwon Jati Tbk melalui laman resmi Bursa Efek Indonesia pada 25 November 2020.

Dalam surat bernomor 054/PJ-CS/XI/2020 tentang Laporan Informasi atau Fakta Material Pembelian atau penjualan aset yang sifatnya penting, Sekretaris Perusahaan PT Pakuwon Jati Tbk Minarto Basuki mengatakan bahwa Perseroan telah membeli dua aset tersebut.

Selain dua pusat belanja, Perusahaan yang berbasis di Surabaya, Jawa Timur, ini juga mengakuisisi hotel bintang lima Marriott Hotel Jogja yang berada dalam satu kompleks dengan Hartono Lifestyle Mall Yogyakarta di Jl Ringroad Utara, Kaliwaru, Condong Catur, Sleman.

Aset-aset komersial yang dikembangkan dan dimiliki oleh PT Delta Merlin Dunia Properti tersebut dibeli dengan nilai Rp 1,359 triliun.

Baca juga: Pakuwon, Pemilik Mal Terluas Se-Indonesia dengan Total 66,3 Hektar

Menurut Minarto, alasan dibelinya Hartono Lifestyle Mall Jogja, Marriott Hotel Jogja dan Hartono Lifestyle Mall Solo, adalah sebagai langkah diversifikasi geografis untuk memperoleh potensi atau peluang basis pertumbuhan baru di luar Surabaya dan Jakarta.

"Adapun sumber pendanaan untuk pembelian berasal dari kas internal Perusahaan," kata Minarto dalam suratnya kepada Kompas.com, Senin (30/11/2020).

Perusahaan, lanjut Minarto, memiliki sumber daya yang cukup untuk mengelola tambahan portofolio properti ini.

Hal ini karena kondisi keuangan berupa posisi kas dan setara kas Perusahaan cukup untuk mendanai pembelian di atas dan tidak akan mengganggu stabilitas arus kas Perusahaan.

Dengan transaksi tersebut, Perusahaan menambah portofolio properti dalam keadaan beroperasi, yang akan semakin memperkuat basis pertumbuhan dari peningkatan pendapatan berulang (recurring income) maupun arus kas Perusahaan untuk tahun-tahun mendatang.

Dengan demikian, aset retail mall milik Perusahaan menjadi sekitar 800.000 meter persegi atau 80 hektar dari sembilan aset.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X