Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demi Keamanan Pengendara, 636 CCTV Dipasang di Tol Trans-Sumatera

Kompas.com - 29/11/2020, 15:30 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) memasang 636 CCTV di sepanjang Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS).

Pemasangan CCTV dimaksudkan untuk memantau kondisi lalu lintas sekaligus memastikan keamanan pengendara yang melalui jalan tol tersebut.

Executive Vice President Sekretaris Perusahaan PT Hutama Karya Muhammad Fauzan menjelaskan, 636 CCTV itu berada di setiap satu kilometer, dilengkapi kamera dua arah.

Hal ini memungkinkan seluruh aktivitas yang terjadi di jalan tol dapat dipantau oleh petugas selama 24 jam penuh melalui Command Center.

"Jadi kami pantau, oleh petugas yang berada di setiap ruas tol maupun yang berada di kantor pusat dengan menggunakan sistem terintegrasi," kata Fauzan dalam keterangan tertulis, Minggu (29/11/2020).

Baca juga: Hutama Karya Jamin Keamanan Pengendara Lintasi Tol Trans-Sumatera

Selain itu, dalam sistem yang sudah terintegrasi tersebut, terdapat fitur yang dapat mendeteksi peringatan dari tiap ruas tol.

Petugas akan langsung merespon keluhan dengan waktu maksimal 5 menit.

"Jadi, kami juga telah menyiapkan 435 petugas layanan pengamanan siaga selama 24 jam untuk melakukan pengawasan di sepanjang JTTS," ujar dia.

Jadi, meski trafik lalu lintas JTTS dalam kondisi sepi, pengendara tidak perlu khawatir karena tol selalu dalam pengawasan petugas yang berjaga selama 24 jam tanpa henti.

Meski demikian, Fauzan menghimbau pengendara juga dapat menaati tata tertib yang berlaku di jalan tol.

Terlebih, JTTS memiliki karakter yang berbeda dengan Jalan tol di Pulau Jawa. JTTS memiliki jarak jalan yang cukup panjang dan rata-rata membelah hutan.

Selain itu, JTTS juga dilintasi oleh kendaraan besar seperti truk maupun kendaraan pengangkut barang.

Hutama Karya akan terus berkomitmen mengampanyekan keselamatan berkendara demi mengantisipasi terjadinya kecelakaan di jalan tol.

Berbagai tindakan untuk persoalan tersebut telah dilakukan perusahaan, mulai dari sinergi dengan pihak kepolisian dan dinas perhubungan daerah sekitar untuk menindak pelanggar, melakukan pemasangan rumble strip, rumble dot, dan lampu flip-flop di sepanjang jalan tol.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com