Tol Serang-Panimbang Seksi 3 Bakal Dimulai Tanpa Groundbreaking

Kompas.com - 25/11/2020, 08:11 WIB
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memulai persiapan pembangunan Jalan Tol Serang ? Panimbang Seksi 3 Ruas Cileles - Panimbang sepanjang 33 Km, Ardiansyah Fadli Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memulai persiapan pembangunan Jalan Tol Serang ? Panimbang Seksi 3 Ruas Cileles - Panimbang sepanjang 33 Km,

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memulai persiapan pembangunan Jalan Tol Serang-Panimbang Seksi 3 Ruas Cileles-Panimbang sepanjang 33 kilometer.

Persiapan pelaksanaan pembangunan tersebut ditandai dengan penandatanganan kontrak paket pekerjaan pembangunan Jalan Tol Serang-Panimbang Seksi 3 senilai Rp 4,5 triliun antara Kementerian PUPR dengan kontraktor Sino Road and Bridge Group Co. Ltd, di Kantor Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Banten, Selasa (24/11/2020).

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meminta kontraktor pelaksana untuk dapat mempercepat pembangunan konstruksi Ruas Cileles-Panimbang.

Pasalnya, pemerintah tidak memiliki agenda khusus untuk melakukan groundbreaking tanda dimulainya pembangunan jalan tol tersebut.

Baca juga: Tol Serang-Panimbang Bisa Digunakan Saat Mudik Lebaran 2021

Menurut Basuki, pelaksana harus memakai langgam (ritme kerja) Kementerian PUPR yang cepat.

Menyusul pembebasan lahan yang sudah siap sekitar 78 persen untuk 33 kilometer, sehingga tidak ada alasan untuk menunda pembangunan. 

"Tidak perlu ada seremoni groundbreaking, yang penting pembangunan bisa segera kita mulai dan selesaikan,” kata Basuki dalam keterangan tertulis, Rabu (25/11/2020)

Seksi 3 ruas Cileles-Panimbang merupakan bagian terakhir dari paket pekerjaan Tol Serang-Panimbang sepanjang 83,67 kilometer.

Tol ini secara keseluruhan terbagi menjadi 3 Seksi, yakni Seksi 1 Ruas Serang–Rangkasbitung (26,50 kilometer), Seksi 2 Ruas Rangkasbitung-Cileles (24,17 kilometer), dan Seksi 3 Ruas Cileles-Panimbang (33 kilometer).

Kontraktor pelaksana yang membangun ruas ini adalah Sino Road & Bridge Co. Ltd dengan porsi 55 persen, dan masing-masing 22.5 persen antara PT Wijaya Karya (Persero) Tbk dan PT Adhi Karya (Persero) Tbk.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X