Pakuwon, Pemilik Mal Terluas Se-Indonesia dengan Total 66,3 Hektar

Kompas.com - 21/11/2020, 13:00 WIB
Atrium Pakuwon Mall Surabaya Dokumentasi Pakuwon JatiAtrium Pakuwon Mall Surabaya

JAKARTA, KOMPAS.com -  PT Pakuwon Jati Tbk mencatatkan kepemilikan dan pengelolaan mal terluas di Indonesia, dengan total nett leasable area (NLA) 663.000 meter persegi atau 66,3 hektar.

Menyusul dibukanya Pakuwon City Mall seluas 46.000 meter persegi yang merupakan perluasan sekaligus re-branding dari East Coast Mall di Pakuwon City Surabaya, pada Jumat (20/11/2020).

Pakuwon City Mall berdiri di atas tanah seluas 4,1 hektar dan terintegrasi retail mall tahap 3 yang akan dibangun tahun 2021.

Tak hanya itu, pusat belanja ini juga terintegrasi dengan Pakuwon Town Square sebagai pusat komersial untuk kantor dan shophouse, Food Festival sebagai tujuan wisata kuliner serta tiga menara apartemen di atas Pakuwon City Mall.

Baca juga: City Mall Diresmikan, Pakuwon Kelola 66,3 Hektar Pusat Belanja

Direktur PT Pakuwon Jati Tbk Minarto Basuki mengatakan, dengan beroperasinya Pakuwon City Mall ini, menambah total NLA retail mall di bawah portofolio PT Pakuwon Jati Tbk menjadi 663.000 meter persegi.

Suasana aktivitas pengunjung di Tunjungan Plaza, Surabaya,  Jawa Timur, Rabu (18/3/2020). Berdasarkan data Asosiasi Pengelolah Pusat Perbelanjaan Indonesia (APPBI) Jatim bahwa terjadi penurunan pengunjung hingga 30 persen akibat meluasnya wabah Virus Corona (COVID-19).ANTARA FOTO/ZABUR KARURU Suasana aktivitas pengunjung di Tunjungan Plaza, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (18/3/2020). Berdasarkan data Asosiasi Pengelolah Pusat Perbelanjaan Indonesia (APPBI) Jatim bahwa terjadi penurunan pengunjung hingga 30 persen akibat meluasnya wabah Virus Corona (COVID-19).
“Total nilai konstruksi Pakuwon City Mall dan apartemen di atasnya (khusus) Tower Amor senilai Rp 752 miliar," ujar Minarto dalam keterangan yang diterima Kompas.com, Jumat (20/11/2020).

Pakuwon Mall Surabaya tercatat sebagai mal terluas dalam portofolio retail mall perseroan, sekaligus terbesar se-Indonesia dengan NLA 180.000 meter persegi.

Sejauh ini, belum ada yang mampu menandingi luasan portofolio retail mall perusahaan yang dirintis Alexander Tedja tersebut.

Satu-satunya pesaing yang mendekati luas NLA yang dimiliki Pakuwon adalah PT Agung Podomoro Land Tbk (APLN).

Baca juga: Pakuwon, Pengembang Nomor Satu di Indonesia

Pengembang ini memiliki dan mengelola sembilan mal dengan total NLA seluas 585.339 meter persegi atau 58,5 hektar.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X