Jasa Marga Mundur, Tersisa Hongaria dan Rusia Berebut Proyek MLFF

Kompas.com - 14/11/2020, 14:00 WIB
Struktur komersial proyek KPBU sistem transaksi tol non-tunai nirsentuh berbasis MLFF BPJTStruktur komersial proyek KPBU sistem transaksi tol non-tunai nirsentuh berbasis MLFF

JAKARTA, KOMPAS.com - Hingga November 2020, tersisa hanya dua peserta Pelelangan Pengusahaan Transaksi Tol Non-tunai Nirsentuh atau Multilane Free Flow ( MLFF) berbasis Global Navigation Satellite System (GNSS).

Mereka adalah Konsorsium PT Nusantara Telematics System-PJSC Mostotrest (Rusia)-Service Telematics LLC (Rusia)-Soft Telematics LLC (Rusia) dan Roatex Ltd Zrt asal Hongaria.

Sementara dua peserta lainnya yang sebelumnya lolos prakualifikasi yakni PT Jasa Marga (Persero) Tbk dan PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk (CMNP)-PT Citra Persada Infrastruktur-PT Delameta Bilano-SkyToll a.s. (Slovakia), mundur dan tidak melakukan submission dokumen.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danang Parikesit memastikan sistem transaksi MLFF ini beroperasi mulai 2021 secara bertahap.

Baca juga: Lolos Pra-kualifikasi, Jasa Marga Optimistis Menang Tender MLFF

"Berlanjut hingga implementasi penuh pada 2023. Penerapan sistem transaksi MLFF ini perlu pentahapan dan kehati-hatian karena teknologi baru," ungkap Danang kepada Kompas.com, Sabtu (14/11/2020).

Kendati nama formal dari perjanjian pengusahaan sistem transaksi jalan tol ini masih dikonsultasikan ke bidang hukum, namun Danang menyatakan penandatanganan kontraknya dilakukan Januari 2021.

Sebelumnya, Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Endra S Atmawidjaja mengatakan pemenang Pelelangan Pengusahaan Sistem Transaksi MLFF berbasis GNSS akan diumumkan pada Selasa, 5 Januari 2021 mendatang.

Sementara saat ini tengah dilakukan evaluasi dokumen penawaran sampul I dan sampul II selama periode November hingga 16 Desember 2020.

Pemberian kesempatan kepada pemrakarsa, dalam hal ini Roatex Ltd Zrt, untuk menyamakan penawaran akan digelar selama lima hari yang dimulai tanggal 17 Desember hingga 23 Desember 2020.

Periode sanggahan terhadap hasil pelelangan dilaksanakan pada 6-12 Januari 2021 atau enam hari.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X