Begini Sistem Penarifan Terintegrasi Tol Jakarta-Cikampek

Kompas.com - 12/11/2020, 07:00 WIB
Hari kedua libur panjang, Rabu (29/10/2020) tol Jakarta-Cikampek terpantau padat. KOMPAS.COM/FARIDAHari kedua libur panjang, Rabu (29/10/2020) tol Jakarta-Cikampek terpantau padat.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk memastikan bahwa tarif Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) akan terintegrasi dengan Tol Layang Japek II (Elevated).

Tarif baru jalan bebas hambatan ini direncanakan berlaku sebelum 12 Desember 2020 atau menjelang setahun beroperasinya Tol Layang Japek II (Elevated).

Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk Subakti Syukur mengatakan, tarif Tol Japek mengalami kenaikan sebesar Rp 5.000 menjadi Rp 20.000 untuk Golongan I atau kendaraan pribadi.

"Jadi, jarak terjauhnya itu dikenakan tarif Rp 20.000," jelas Subakti dalam konferensi pers virtual, Rabu (11/11/2020).

Baca juga: Terintegrasi Tol Layang, Tarif Tol Jakarta-Cikampek Naik Rp 5.000

Sistem penarifan ini terbagi menjadi empat wilayah, yakni Jakarta IC-Pondok Gede (Wilayah 1), Jakarta IC-Cikarang Barat (Wilayah 2), Jakarta IC-Karawang Barat (Wilayah 3), serta Jakarta IC-Cikampek (Wilayah 4).

Pada wilayah 1, terdapat empat gerbang tol ( GT) yang bisa diakses pengguna jalan, yakni GT Pondok Gede Barat 1 dan 2 serta GT Pondok Gede Timur 1 dan 2.

Kemudian di wilayah 2 terdapat sebanyak 14 GT yang dapat diakses mulai dari GT Cikunir 3 dan 1; GT Bekasi Barat 1, 2, 3; serta GT Bekasi Timur 1 dan 2.

Baca juga: Catat, Rincian Tarif Integrasi Tol Layang Jakarta-Cikampek

Selanjutnya, GT Tambun; GT Cibitung 3 dan 7; GT Cikarang Barat 3, 4, dan 5; serta GT Cikarang Utara.

Lalu, di wilayah III hanya terdapat tiga GT, yaitu GT Cibatu, GT Cikarang Timur, serta GT Karawang Barat 1 dan 2.

Sementara itu, di wilayah IV terdapat delapan GT yang bisa digunakan oleh para pengguna jalan tol, yaitu GT Karawang Timur 1 dan 2, Kalihurip 1 dan 2, Kalihurip Utama 1 dan 2, serta Cikampek Utama 1 dan 2.

Corporate Communication Department Head Jasa Marga Faiza Riani menjelaskan, pengguna jalan tol bisa melakukan pembayaran di GT keluar (off ramp) jika perjalanan arah Cikampek.

Sedangkan untuk pengguna jalan tol arah Jakarta, pembayaran bisa dilakukan melalui GT masuk (on ramp).

"Jadi, tergantung transaksi pengguna jalan di gerbang mana," tutur Faiza.

Berikut sistem penarifan Tol Jakarta-Cikampek:

Tarif integrasi Tol Jakarta-Cikampek dan Tol Layang Jakarta-CikampekJasa Marga Tarif integrasi Tol Jakarta-Cikampek dan Tol Layang Jakarta-Cikampek



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X