Kompas.com - 11/11/2020, 19:07 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tarif Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) akan terintegrasi dengan Tol Layang Japek II (Elevated).

Tarif baru jalan bebas hambatan ini direncanakan berlaku sebelum 12 Desember 2020 atau menjelang setahun beroperasinya Tol Layang Japek II (Elevated).

Sistem pentarifan ini terbagi dalam empat wilayah yakni Jakarta IC-Pondok Gede (Wilayah 1), Jakarta IC-Cikarang Barat (Wilayah 2), Jakarta IC-Karawang Barat (Wilayah 3), serta Jakarta IC-Cikampek (Wilayah 4).

Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk Subakti Syukur mengatakan, tarif Tol Japek mengalami kenaikan sebesar Rp 5.000 menjadi Rp 20.000 untuk Golongan I atau kendaraan pribadi.

"Jadi, jarak terjauhnya itu dikenakan tarif Rp 20.000," jelas Subakti dalam konferensi pers virtual, Rabu (11/11/2020).

Subakti melanjutkan, tarif tol Golongan II dan III dengan jarak terjauh mengalami kenaikan sebesar Rp 7.500.

Baca juga: Terintegrasi Tol Layang, Tarif Tol Jakarta-Cikampek Naik Rp 5.000

Tarif tol golongan ini semula dipatok Rp 22.500 menjadi Rp 30.000.

Sementara tarif Golongan IV dan V mengalami kenaikan sebesar Rp 10.000, yakni semula Rp 30.000 menjadi Rp 40.000.

Khusus Golongan I, tarif rata-rata per kilometer hanya dipatok Rp 276 untuk dan pengguna cukup melakukan sekali transaksi.

Apabila dilakukan pengoperasian tarif terpisah, pengguna jalan perlu melakukan dua kali transaksi yaitu di Tol Japek maupun Tol Layang Japek II (Elevated).

"Integrasi sistem transaksi pentarifan antara Tol Japek dan Tol Layang Japek (Elevated) dapat meminimalisasi dengan membayar 1 kali dapat melancarkan distribusi lalu lintas (lalin)," pungkas Subakti.

Berikut infografis selengkapnya tarif integrasi Tol Japek dan Tol Layang Japek (Elevated) II mulai dari jarak terdekat maupun terjauh:

Tarif terintegrasi Tol Jakarta-Cikampek (Japek) dan Tol Layang Japek (Elevated) II.Dok. PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Tarif terintegrasi Tol Jakarta-Cikampek (Japek) dan Tol Layang Japek (Elevated) II.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.