Hemat Pengeluaran Saat Musim Hujan, Begini Triknya...

Kompas.com - 09/11/2020, 06:00 WIB
Ilustrasi rumah hujan fixmyroof.com/Getty Images/iStockphotoIlustrasi rumah hujan

KOMPAS.com - Hujan deras yang tidak kunjung berhenti adalah awal dari berbagai masalah di rumah.

Pintu dan jendela yang sedikit berubah bentuk, cat mengelupas, genteng bergeser, kerusakan pada plafon, hingga genangan air masuk ke dalam rumah, semua hal ini bisa membuat Anda mengeluarkan banyak uang.

Untuk itu, sudah tiba waktunya bagi Anda menekan pengeluaran. Berikut ini beberapa alternatif yang bisa segera Anda lakukan.

Baca juga: Pastikan Rumah Anda Siap Hadapi Musim Hujan, Cek Saluran Air dan Instalasi Listrik

Pertama, jangan paksa pendingin udara di rumah Anda "bekerja keras". Kurangi penggunaannya pada saat tidak dibutuhkan.

Lagipula, udara di luar pun relatif dingin karena hujan yang tidak kunjung berhenti.

Kedua, padamkan berbagai alat elektronik. Anda bisa menggunakan pengatur waktu atau sensor cahaya untuk memastikan lampu di luar rumah Anda menyala dan padam tepat waktu.

IlustrasiPixaby Ilustrasi
Anda juga bisa memanfaatkan power strip dengan pengatur waktu jika Anda merasa lebih nyaman meninggalkan rumah ketika lampu menyala dan televisi atau radio masih memutar acaranya.

Ketiga, rencanakan belanja Anda sebelum pergi ke pasar atau supermarket. Kemudian, tetap pada rencana tersebut dan jangan membeli barang lain.

Cara ini mampu membuat Anda menghindari biaya berlebih. Jangan lupa, perhatikan harga barang-barang yang Anda beli.

Terkadang, harga mengindikasikan kualitas. Tidak ada salahnya memilih pilihan terbaik, terlebih jika harganya hanya terpaut sedikit.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X