Kompas.com - 05/11/2020, 12:13 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Badam Usaha Jalan Tol (BUJT) telah menyelesaikan pembangunan Tol Bogor Outer Ring Road (BORR) Seksi IIIA Ruas Simpang Yasmin-Kayu Manis sepanjang 3 kilometer.

Dengan demikian, jalan bebas hambatan tersebut telah siap dioperasikan.

Uniknya Jalan Tol BORR dengan total sepanjang 11,4 kilometer ini menyajikan panorama Gunung Salak yang indah dan terlihat sangat jelas.

Baca juga: Tol BORR Simpang Yasmin-Kayu Manis Bogor Siap Dilintasi

Umumnya, pemandangan seperti ini hanya dapat kita lihat di daerah-daerah jalan yang jauh dari ibu kota.

 

Seperti di ruas-ruas Jalan Tol Trans-Jawa seperti Tol Cisumdawu, Tol Bawen-Salatiga, atau Tol Pandaan-Malang.

Tol Bogor Outer Ring Road Seksi IIB.PT Marga Sarana Jabar Tol Bogor Outer Ring Road Seksi IIB.
Karena letaknya tidak jauh dari  Jakarta, pengendara yang melalui Jalan Tol BORR ini pastinya akan mendapatkan sensasi seperti sedang berada di kampung halaman.

Tak hanya pemandangan, udaranya yang masih sejuk pun kerap menjadi salah satu kelebihan saat melalui jalan tol ini.

Baca juga: November Tol Layang Japek Mulai Bertarif, Besarannya Rp 20.000

Karenanya dengan keindahan pemandangan yang ditawarkan, pengendara tentu saja akan merasa senang dan terhibur. Bahkan, juga dapat terhindar dari rasa kantuk dan bosan saat berkendara.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, Tol BORR dapat memudahkan pergerakan masyarakat dan meningkatkan taraf ekonomi Kota Bogor sebagai bagian dari kawasan metropolitan Jabodetabekpunjur.

"Keberadaan Jalan Tol BORR ini juga dapat mendukung kawasan wisata di daerah Bogor, Jawa Barat. Di antaranya kawasan Puncak Ciawi dan Kebun Raya Bogor," kata Basuki seperti dikutip Kompas.com, Kamis (5/11/2020).

Seksi IIB Tol BORRKementerian PUPR Seksi IIB Tol BORR
Jalan Tol BORR yang dikelola oleh PT Marga Sarana Jabar terbagi menjadi 3 seksi, yaitu Seksi I Sentul Selatan-Kedung Halang yang telah dioperasikan pada tahun 2009, dan Seksi IIA Kedung Halang-Kedung Badak yang diresmikan pada tahun 2014.

Kemudian Seksi II B Kedung Badak-Simpang Yasmin yang telah diresmikan tahun 2018 lalu dengan panjang Seksi I dan II yaitu 8,45 kilometer.

Dilanjutkan Seksi III Simpang Yasmin-Kayu Manis dengan panjang 3 kilometer.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.