Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/11/2020, 08:24 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama badan usaha jalan tol (BUJT) telah menyelesaikan pembangunan Tol Bogor Outer Ring Road (BORR) Seksi IIIA Ruas Simpang Yasmin-Kayu Manis.

Jalan bebas hambatan sepanjang 3 kilometer tersebut telah siap untuk dioperasikan.

Tol BORR yang dirancang dengan total panjang 11,4 kilometer merupakan jalan alternatif untuk mengurai kemacetan lalu lintas di Kota Bogor dan sekitarnya.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, Tol BORR dapat memudahkan pergerakan masyarakat dan meningkatkan taraf ekonomi Kota Bogor sebagai bagian dari kawasan metropolitan Jabodetabekpunjur.

Tol BORR Seksi IIIA Ruas Simpang Yasmin-Kayu Manis telah melalui tahap uji statis dan uji dinamis menggunakan kendaraan berat jenis truk yang berhenti di tengah-tengah jalan tol lebih dari satu kali.

Baca juga: November Tol Layang Japek Mulai Bertarif, Besarannya Rp 20.000

Hal ini dilakukan untuk mendapatkan hasil yang konsisten dan mengetahui kualitas kekuatan jembatan tol tersebut.

Adapun pelaksanaan uji dinamis bertujuan untuk mengetahui faktor redaman jembatan dan Dynamic Amplification Factor (DAF), yakni perbandingan antara amplitudo akibat beban dinamis dengan amplitudo akibat beban statis yang akan menunjukkan karakteristik dari jembatan tersebut.

Jalan Tol BORR yang dikelola oleh PT Marga Sarana Jabar terbagi menjadi tiga seksi, yaitu Seksi I Sentul Selatan-Kedung Halang yang telah dioperasikan pada tahun 2009, dan Seksi IIA Kedung Halang-Kedung Badak yang diresmikan pada tahun 2014.

Kemudian, Seksi II B Kedung Badak-Simpang Yasmin yang telah diresmikan tahun 2018 dengan panjang Seksi I dan II yaitu 8,45 kilometer. 

Dilanjutkan Seksi III Simpang Yasmin-Kayu Manis dengan panjang 3 kilometer.

Jalan tol dengan nilai investasi Rp 2,05 triliun tersebut dibangun dua arah menggunakan jenis perkerasan kaku dan memiliki masa konsesi selama 45 tahun sejak SPMK.

Bertindak sebagai kontraktor PT PP (Persero) Tbk dengan konsultan PT Indec Internusa JO dan PT Eskapindo Matra.

Kehadiran jalan tol ini diharapkan dapat menjadi pendukung kegiatan ekonomi masyarakat Kota Bogor dan sekitarnya sekaligus menjadi akses pendukung kegiatan industri dan logistik.

Selain itu, Jalan Tol BORR dapat mendukung kawasan wisata di sekitar Kota Bogor, yaitu kawasan Puncak Ciawi dan Kebun Raya Bogor.

Jalan tol ini juga menyajikan panorama Gunung Salak yang indah bagi para pengguna jalan tol saat akan memasuki "Kota Hujan".

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com