Berkongsi dengan WIKA dan Adipatria, HK Garap Saluran Air Food Estate

Kompas.com - 03/11/2020, 14:22 WIB
Tahun Anggaran (TA) 2020, anggaran infrastruktur SDA sebesar Rp 17,7 miliar digunakan untuk penyediaan reservoir air baku untuk lahan hortikultura seluas 200 hektar senilai Rp 15 miliar.
Kementerian PUPRTahun Anggaran (TA) 2020, anggaran infrastruktur SDA sebesar Rp 17,7 miliar digunakan untuk penyediaan reservoir air baku untuk lahan hortikultura seluas 200 hektar senilai Rp 15 miliar.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) berkolaborasi dengan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk dan PT Adipatria menggarap pengembangan kawasan lumbung pangan baru atau food estate yang berlokasi di Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah.

Kolaborasi dibentuk dalam rangka mendukung program pemerintah untuk meningkatkan ketahanan pangan nasional.

Direktur Operasi II Hutama Karya Novias Nurendra mengatakan, Hutama Karya akan memberikan kontribusi penuh agar proyek dapat selesai tepat waktu dengan hasil dan kualitas yang baik.

Baca juga: Pengembangan Tahap I Lumbung Pangan di Kalimantan Tengah 2.100 Hektar

“Dalam KSO HK-WIKA-Adipatria pada proyek ini, kami memegang kepemilikan sebesar 37,5 persen," kata Novias dalam keterangan tertulis, Selasa (03/11/2020).

Novias menejelaskan secara teknis KSO ini akan fokus paga pekerjaan galian saluran eksisting dan saluran baru.

Tak hanya itu, juga pekerjaan bangunan pelengkap yang meliputi pintu air otomatis, rumah pompa dan rumah jaga, pompa drain dan pompa supply, box culvert serta gorong-gorong.

Total nilai proyek pekerjaan infrastruktur Sumber Daya Air (SDA) ini senilai Rp 738,04 miliar dan ditargetkan rampung awal Januari 2023 mendatang.

"Kami akan mengerjakan sesuai dengan lingkup pekerjaan dalam kontrak proyek ini," imbuh Novias.

Dalam pelaksanaan proyek ini, Hutama Karya akan mengoptimalisasi tiga aspek yakni penggunaan teknologi, sumber daya manusia, dan biaya.

Proyek pembangunan Food Estate yang berlokasi di Kalimantan Tengah ini merupakan salah satu dari sejumlah Program Food Estate milik Direktorat Jenderal SDA kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang tersebar di beberapa wilayah di Indonesia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X