Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Antisipasi Kemacetan Lalu Lintas Saat Mudik, Tata Letak "Rest Area" Harus Diperhatikan

JAKARTA, KOMPAS.com - Rest area merupakan salah satu tempat yang paling banyak dikunjungi saat masa Mudik Lebaran 2023, terutama oleh pemudik yang melakukan perjalanan melalui jalan tol.

Karena padatnya jumlah kendaraan yang masuk dan keluar, terkadang menyebabkan kemacetan di jalan sekitar rest area.

Karena itu, Direktur Penegakan Hukum (Dirgakum) Korlantas Polri Aan Suhanan mengusulkan bila ada pembangunan rest area baru maka pihak Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) wajib memperhatikan posisi pintu masuknya.

“Nanti kalau ada pembangunan rest area lagi maka jarak antara pintu masuk ke rest area dan main road (jalan utama) jangan terlalu dekat sehingga tidak mempengaruhi arus lalu lintas di jalan,” ujar Aan dalam Rapat Evaluasi Pelaksanaan Mudik Lebaran 2023, Rabu (24/5/2023).

Aan mengatakan salah satu rest area di Jalan Tol Trans Jawa yang bisa menjadi rujukan adalah rest area Km 260 B Banjaratma, Brebes, Jawa Tengah, yang dulunya merupakan bekas pabrik gula.

Ia juga berharap Kementerian PUPR bisa menambah kapasitas rest area yang sudah ada karena pada rata-rata kapasitasnya sangat terbatas sehingga berakibat pada arus lalu lintas di jalan utama.

“Area parkir kadang sudah penuh di dalam. Jadi kami mungkin lebih menyarankan menambah kapasitas rest area daripada menambah jumlah rest area sehingga trouble spot (titik rawan kemacetan) juga bisa diminimalkan,” tambahnya.

https://www.kompas.com/properti/read/2023/05/26/120000221/-antisipasi-kemacetan-lalu-lintas-saat-mudik-tata-letak-rest-area-harus

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke