Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pemerintah Tolak Terapkan MLFF di Tol saat Mudik, Ini Alasannya

Menurut Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian PUPR Mohammad Zainal Fatah, jika sistem terbaru itu diterapkan pada masa mudik Lebaran, maka akan menimbulkan masalah baru.

"Sistem yang baru itu kalau kami coba dengan situasi yang sempurna, malah bikin masalah baru. Karena, perubahan itu, kan enggak bisa, makanya kami uji coba dalam situasi terbatas dulu," jelas Zainal di Jakarta, Senin (20/3/2023).

Sejauh ini, Kementerian PUPR melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) tengah mempersiapkan uji coba sistem teranyar tersebut Juni mendatang di Tol Bali Mandara.

Terkait pelaksanaan uji coba yang akan dilaksanakan pada akhir Kuartal II 2023 tersebut, bahwa progres pekerjaan sudah tembus 50 persen.

Akan tetapi, apabila uji coba selesai dilakukan, pihaknya akan melaporkan terlebih dahulu kepada Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

"Yang di Bali belum komersial, untuk uji coba memastikan keandalan, baik alatnya, keandalan aplikasinya, gantry-nya, kameranya, dan integrasi data yang dimiliki sistem ini dengan kepolisian," ucap Zainal.

Bersamaan dengan pelaksanaan uji coba MLFF, Kementerian PUPR juga akan meluncurkan aplikasi Cantas untuk penerapannya.

Untuk diketahui, Cantas merupakan aplikasi untuk pembayaran non-tunai yang bisa diakses pengguna jalan tol melalui smartphone (gawai pintar).

Aplikasi pintar yang didesain dengan sistem navigasi satelit atau Global Navigation Satellite System (GNSS).

Ini memungkinkan pengguna kendaraan untuk melakukan pembayaran hanya dengan melalui gawai.

Dengan penerapan sistem transaksi non-tunai ini, maka tak akan lagi dijumpai gerbang tol (GT) di Indonesia pada tahun 2024 mendatang.

https://www.kompas.com/properti/read/2023/03/21/163136621/pemerintah-tolak-terapkan-mlff-di-tol-saat-mudik-ini-alasannya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke