Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Diskon Tarif Tol Selama Lebaran Tergantung Kondisi Keuangan BUJT

Informasi ini disampaikan Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit di Jakarta, Senin (20/3/2023).

"Kita lihat kira-kira dua minggu sebelum Lebaran (2023) apakah ada pemberitahuan dari mereka (Badan Usaha Jalan Tol/BUJT) untuk memberikan diskon tarif," tegas Danang. 

Para BUJT sejauh ini masih menghitung-hitung terkait hal tersebut. Sebab, tidak semua dari mereka memiliki kondisi keuangan yang sama.

Sejatinya, kata Danang, diskon tarif jalan tol merupakan inisiatif BUJT. Oleh sebab itu, tugas BPJT Kementerian PUPR menjembatani keinginan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan lebih.

"Tapi, kita juga pahami selama Pandemi (Covid-19), pendapatan mereka berkurang antara 40-60 persen," ujarnya.

Di satu sisi Pemerintah memahami aspirasi masyarakat untuk dapat pelayanan lebih, tapi di sisi lain juga mengerti kondisi keuangan BUJT.

Sementara untuk masyarakat yang akan mudik via Pelabuhan Merak, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengungkapkan akan mengkaji aturan tentang diskon tarif bagi masyarakat yang mudik Lebaran lebih awal.

Hal itu dikemukakannya saat Rapat Koordinasi bersama stakeholder terkait persiapan sarana dan prasarana angkutan Lebaran 2023, Minggu (19/03/2023).

Maka dari itu, Budi meminta masyarakat yang menuju Pulau Sumatera untuk membeli tiket penyeberangan sehari atau dua hari sebelum keberangkatan ataupun Lebaran.

"Kebijakan pricing (pentarifan) memberikan pemesanan lebih awal akan (dapat) diskon (tarif)," tutupnya.

https://www.kompas.com/properti/read/2023/03/20/163000821/diskon-tarif-tol-selama-lebaran-tergantung-kondisi-keuangan-bujt

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke