Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Belajar Sejarah dan Benda Kuno di Galeri MRT Jakarta

Dilansir dari laman resmi MRT Jakarta, Jumat (10/3/2023), benda-benda kuno tersebut ditemukan saat proses penggalian dan konstruksi di Jalan M.H. Thamrin hingga Kawasan Kota Tua dilakukan.

Saat ini, masyarakat bisa melihat peninggalan bersejarah tersebut di Visitor Center MRT Jakarta yang disiapkan sebagai sarana edukasi sejarah.

Terdapat dua pusat informasi yang dihadirkan oleh PT MRT Jakarta (Perseroda), yaitu Galeri MRT Jakarta di Kawasan Taman Monas dan di Stasiun Kota/BEOS.

Lalu ada temuan cagar budaya dan diduga cagar budaya selama tahap archeological test pit di area konstruksi, jejak langkah dan dokumentasi perkembangan MRT Jakarta, serta maket Stasiun Monas.

Galeri ini dapat diakses melalui pintu gerbang barat daya Taman Monumen Nasional, tepat bersebelahan dengan area konstruksi Stasiun Monas.

Galeri terbuka untuk masyarakat setiap Selasa sampai Jumat mulai pukul 09.00-16.00 WIB. Pengunjung yang ingin mengetahui lebih lanjut terkait rencana pembangunan fase 2A dapat bertanya kepada dua orang petugas di galeri.

Galeri kedua berada di area Stasiun Kota yang dibuka sejak September 2022 lalu. Pengunjung dapat melihat potongan terakota dan layar televisi yang menayangkan berbagai informasi seperti video tentang MRT Jakarta.

Juga ada infografik tentang jaringan MRT Jakarta dan Fase 2A, area berfoto dengan latar terowongan MRT Jakarta, serta area bersantai untuk diskusi.

Pusat informasi ini didukung oleh konsultan Bentley Software Solutions and Services. 

Pengunjung dapat menggunakan akses dari area parkir barat sisi utara stasiun atau dari area peron stasiun.

Galeri ini terbuka setiap hari mulai pukul 09.00-17.00 WIB. Dua petugas di galeri siap untuk memberikan informasi termutakhir terkait perkembangan fase 2A bagi pengunjung.

https://www.kompas.com/properti/read/2023/03/10/210000921/belajar-sejarah-dan-benda-kuno-di-galeri-mrt-jakarta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke