Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Industri Manufaktur Tumbuh hingga 5 Persen, Ini Faktor Pemicunya

Hal ini disampaikan oleh Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita yang pidatonya dibacakan oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Ketahanan Perwilayahan dan Akses Industri Internasional (KPAII) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) di Jakarta, Rabu (8/3/2023).

“Bapak dan Ibu yang terhormat, industri manufaktur tumbuh secara impresif di angka 5,01 persen sepanjang tahun 2022. Lebih tinggi dari tahun sebelumnya yang hanya 3,67 persen,” jelas dia.

Agus melanjutkan, capaian ini sejalan dengan pertumbuhan ekonomi nasional sepanjang tahun 2022 sebesar 5,31 persen.

Menurutnya, fenomena tersebut menunjukkan bahwa industri manufaktur telah bangkit. Sektor ini memberikan kontribusi terbesar bagi perekonomian nasional.

“Selain itu, pertumbuhan industri (manufaktur) diatas 5 persen ini membuktikan ekonomi sudah kembali pulih dan bangkit,” tambahnya.

Pertumbuhan industri manufaktur ini dipengaruhi operasional industri serta ketersediaan lokasi investasi dalam kawasan industri.

Adapun manufaktur adalah sebuah badan usaha atau perusahaan yang memproduksi barang jadi dari bahan baku mentah dengan menggunakan alat, peralatan, mesin produksi, dan sebagainya dalam skala produksi yang besar.

Selain dari bahan mentah menjadi produk jadi, perusahaan manufaktur adalah mencakup industri yang mengolah barang mentah menjadi barang setengah jadi, atau barang setengah jadi menjadi barang jadi.

Perusahaan manufaktur juga bisa disematkan pada perusahaan perakitan, biasanya mengacu pada perusahaan yang bergerak di bidang elektronik dan otomotif.

Karena dilakukan dengan skala produksi yang besar, perusahaan manufaktur tentunya memiliki jumlah pekerja atau tenaga kerja yang besar.

Beberapa perusahaan manufaktur bahkan melibatkan mesin-mesin besar.

Itu sebabnya, di banyak negara keberadaan perusahaan manufaktur sangat penting karena membantu menciptakan lapangan pekerjaan yang sangat signifikan.

https://www.kompas.com/properti/read/2023/03/08/200000421/industri-manufaktur-tumbuh-hingga-5-persen-ini-faktor-pemicunya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke