Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ada Proyek Jembatan, Kendaraan Menuju Sukabumi Dialihkan ke Tol Bocimi

Salah satu yang digarap adalah penanganan darurat lewat pembangunan jembatan bailey atau jembatan rangka baja.

Staf Ahli Menteri Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan sekaligus Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S. Atmawidjaja mengatakan, selama pembangunan jembatan bailey dilakukan, kendaraan roda empat dan enam yang mengarah ke Sukabumi atau sebaliknya akan dialihkan via Gate Tol Bocimi (Ciawi).

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) DKI Jakarta-Jawa Barat Kementerian PUPR Wilan Oktavian mengatakan, saat ini sedang dibuat desain rencana perbaikan permanen menjadi jembatan.

Untuk penanganan permanen diperlukan dukungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor untuk pembebasan lahan atau pembersihan dan penertiban bangunan di sisi kiri jalan dari arah Bogor.

"Lokasi longsor tersebut awalnya bukan jembatan, namun berupa timbunan tinggi, di bawahnya ada crossing drain di kedalaman 20 meter dan tergerus akibat cuaca ekstrem dari akhir tahun lalu," terang Wilan.

Sementara Pemkab Bogor telah menyatakan komitmennya akan membantu Kementerian PUPR dalam menangani longsor di ruas Jalan Raya Bogor-Sukabumi, Caringin, Kabupaten Bogor.

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bogor, Iwan Setiawan menjelaskan bahwa langkah awal, pihaknya mendukung pembangunan jembatan darurat sambil menunggu perbaikan jalan.

Setelah jembatan darurat terbangun, Iwan menyatakan Pemkab Bogor juga akan membantu proses perbaikan jembatan yang rusak.

Sebagai informasi, longsor di kawasan tersebut terjadi akibat tingginya intensitas hujan pada beberapa waktu lalu.

https://www.kompas.com/properti/read/2023/03/06/130000521/ada-proyek-jembatan-kendaraan-menuju-sukabumi-dialihkan-ke-tol-bocimi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke