Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Akhirnya, Flyover "Pengurai" Macet di Kota Bandung Diresmikan Jokowi

Peresmian ditandai dengan penekanan tombol sirine dan penandatanganan prasasti oleh Jokowi di Kolam Retensi Andir, Kabupaten Bandung, Minggu (5/3/2023).

"Untuk mengurai kemacetan dan memperlancar lalu lintas (lalin) di Kota Bandung, kita sudah bangun Flyover Kopo dengan biaya Rp 288 miliar," tegas Jokowi.

Flyover Kopo membentang di Jalan Soekarno-Hatta sepanjang 1,3 kilometer di daerah Kopo yang merupakan jalur utama bagi para komuter untuk wilayah Cimahi-Bandung, serta penghubung Kota Bandung dan Kabupaten Bandung.

Jembatan layang ini mulai dibangun pada November 2021 dan telah selesai September 2022. Flyover Kopo telah dibuka untuk umum, Sabtu (1/10/2022) silam.

Sedangkan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan infrastruktur jembatan, flyover dan underpass akan memperlancar konektivitas dan aksesibilitas lalu lintas.

Untuk di Kota Bandung, Basuki menyampaikan, masih ada satu infrastruktur konektivitas yang diusulkan pemerintah daerah di Buah Batu. Saat ini, masih disiapkan dokumen readiness criteria (kriteria kesiapan).

Pembangunan Flyover Kopo dilaksanakan oleh Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) DKI Jakarta-Jawa Barat Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga Kementerian PUPR.

Diketahui, kontraktor dari pembangunan flyover ini adalah PT PP (Persero) Tbk.

Direncanakan, Pemerintah Provinsi(Pemprov) Jawa Barat juga akan menghiasi Flyover Kopo dengan Monumen Cibaduyut, yang terkenal dengan sentra industri sepatu.

https://www.kompas.com/properti/read/2023/03/05/203921121/akhirnya-flyover-pengurai-macet-di-kota-bandung-diresmikan-jokowi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke