BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Kota Baru Parahyangan
Salin Artikel

Simak Tips Beli Ruko untuk Tempat Usaha Langsung dari Ahlinya

BANDUNG, KOMPAS.com - Menjadi seorang pebisnis atau entrepreneur merupakan dambaan sebagian besar orang untuk diwujudkan, termasuk para pekerja kantoran. Pasalnya, profesi tersebut dinilai mampu memberikan penghasilan yang menjanjikan sehingga dapat membantu mewujudkan kehidupan yang lebih mapan di kemudian hari.

Namun, sebelum terjun ke dunia bisnis, calon pebisnis mesti paham sejumlah hal. Salah satunya, bidang usaha yang hendak dijalankan.

Sedikitnya, ada beberapa bidang bisnis potensial yang bisa dipilih, seperti kuliner, coffee shop, minimarket, klinik perawatan dan kecantikan, jasa konsultan, serta laundry.

Selain itu, pahami juga peluang dan potensi pasar dari bisnis yang dipilih. Calon pebisnis wajib melakukan riset terhadap kedua hal tersebut untuk mencari tahu seberapa menguntungkan keputusan yang diambil, termasuk risikonya.

Tak kalah penting untuk dipertimbangkan dalam mendirikan usaha adalah tempat usaha. Pilihannya bisa berupa toko atau rumah toko (ruko).

Bagi entrepreneur pemula, ruko bisa menjadi pilihan tepat karena sifatnya multifungsi. Anda bisa menjadikan properti komersial ini sebagai tempat usaha sekaligus tempat tinggal, baik untuk diri sendiri maupun karyawan yang dipekerjakan. Selain itu, ruko juga dapat dimanfaatkan seluruhnya agar operasional bisnis berjalan optimal, khususnya bagi pebisnis yang membutuhkan ruang banyak.

Direktur PT Bela Parahiyangan Investindo Ryan Brasali pun membagikan tiga tips yang dapat diterapkan calon pebisnis sebelum membeli ruko untuk tempat usaha.

"Pertama, pilih lokasi yang tepat. Ruko yang berada di lokasi strategis akan mudah dijangkau sehingga memengaruhi tingkat kunjungan calon konsumen yang disasar," ujar Ryan saat ditemui Kompas.com di Bandung Barat, Senin (20/2/2023).

Kedua, lanjut Ryan, pilih ruko dari perusahaan atau developer tepercaya. Pastikan juga perusahaan atau developer tersebut legal, baik secara grup holding, perusahaan terbatas (PT), maupun anak usaha holding. Jangan lupa pula untuk mengecek rekam jejak digitalnya. Hal tersebut perlu dilakukan agar terhindar dari penipuan.

Pengecekan legalitas perusahaan developer bisa dilakukan secara mandiri dengan cara yang mudah, yakni cukup kunjungi laman https://sireng.pu.go.id yang dibuat oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Lalu, masukkan nama perusahaan atau developer yang ingin dicari tahu legalitasnya.

“Fasilitas tersebut dihadirkan pemerintah (Kementerian PUPR) untuk memudahkan masyarakat yang ingin memeriksa suatu pengembang apakah sudah terdaftar secara resmi atau belum," terang Ryan.

Ia juga menyarankan calon pembeli untuk tak ragu meminta saran dan rekomendasi dari orang terdekat atau kerabat yang sudah lebih dulu membeli ruko.

“Ulasan dari masyarakat yang dituangkan di ranah digital kini mudah diakses (oleh calon pembeli). Ulasan mereka dapat dioptimalkan sebagai salah satu pertimbangan sebelum membeli produk properti komersial ruko,” kata Ryan.

Punya nilai tambah dan captive market tinggi

Ryan melanjutkan, selain lokasi ruko, proyek properti secara keseluruhan juga perlu diamati calon pembeli. Mereka perlu mengecek kembali berbagai fasilitas yang sudah atau sedang dibangun, baik oleh developer maupun pemerintah setempat di sekitar kawasan ruko.

Pasalnya, hal ini akan menentukan ada atau tidaknya nilai tambah (added valueI) terhadap properti yang dibeli.

Umumnya, nilai tambah proyek properti ditentukan dari land bank yang dimiliki developer. Bila developer memiliki land bank besar, artinya mereka masih punya ruang untuk terus tumbuh sehingga indeks harga dapat meningkat.

"Selama land bank yang dimiliki cukup banyak, investor juga akan mendapat benefit itu di masa depan. Ini yang disebut dengan sunrise property," jelas Ryan.

Tak berhenti sampai di situ, Ryan juga menyarankan agar calon pembeli memperhatikan terbentuknya captive market kawasan ruko tersebut. Pasalnya, semakin banyak populasi dan intensitas trafik kunjungan ke suatu kawasan, semakin tinggi pula peluang investor atau pemilik ruko untuk meningkatkan keuntungan bisnis.

Contoh proyek properti yang sudah memiliki captive market sekaligus punya kriteria seperti yang disebut Ryan adalah milik PT Bela Parahiyangan Investindo yang baru-baru ini meluncurkan produk properti komersial ruko Sasakirana. Bangunan niaga berlantai dua ini diluncurkan seiring dengan membaiknya perekonomian nasional dan tren pertumbuhan positif sektor properti.

Menurut Ryan, optimisme dan gairah masyarakat di sektor ekonomi pascapandemi Covid-19 juga perlu ditopang. Salah satunya, dengan menghadirkan produk properti komersial ruko unggulan.

Sebagai informasi, PT Bela Parahiyangan Investindo adalah anak usaha Lyman Group yang mengembangkan Kota Baru Parahyangan (KBP) di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat (Jabar).

“Populasi di KBP terus meningkat dari tahun ke tahun. Untuk itu, KBP meluncurkan ruko Sasakirana untuk menyuplai kebutuhan sarana niaga untuk mengakomodasi kebutuhan penghuni dan juga masyarakat di sekitar KBP,” ujar Ryan.

Potensi captive market bagi pebisnis

Setali tiga uang dengan Ryan, Manager Marketing PT Bela Parahiyangan Investindo Joseph Ijong Dachlan mengatakan, KBP memiliki potensi populasi dan trafik tinggi.

Sedikitnya 1.300 kepala keluarga (KK) akan dan sudah tinggal di beberapa tatar (residensial) sekitar ruko Sasakirana.

Menurutnya, residen KBP dengan jumlah tersebut akan menjadi pasar menjanjikan bagi bisnis serta pertumbuhan trafik komersil (non-residensial) yang signifikan. Adapun jumlah KK itu di luar penghuni eksisting yang jumlahnya mencapai 3.500 KK.

“Nantinya, saat ruko Sasakirana beroperasi, KBP memberikan penawaran sekaligus benefit bagi calon pembeli dengan captive market mendekati angka 4.800-an KK,” kata Joseph.

Kompleks ruko Sasakirana terdiri atas empat blok yang dibangun dekat dengan Bundaran Jalan Utama KBP. Semuanya didesain secara apik guna menciptakan nuansa ruang luar yang intim dan asri.

Setiap unit ruko Sasakirana juga dilengkapi dengan rooftop. Pemandangan yang ditawarkan area ini adalah keindahan taman bundaran jalan utama dan bukit asri.

"Kami juga melengkapinya dengan selasar susun susun di lantai bawah dan atas. Selasar ini akan menghubungkan keempat blok tersebut," kata Ryan.

Dari segi aksesibilitas, ruko Sasakirana hadir dengan konektivitas antar-blok ruko yang terintegrasi sehingga memberikan kenyamanan mobilitas bagi pengunjung.

Dengan begitu, pengunjung dapat merasakan pengalaman berbeda saat singgah ke ruko Sasakirana. Terlebih, nantinya akan ada berbagai tenant bisnis yang ditawarkan di kawasan niaga tersebut.

Joseph menjelaskan, tagline yang diusung pada proyek ruko Sasakirana, yakni “Intimate Neighbourhood Commercial”, menggambarkan ikatan emosional yang terbangun antara konsumen dengan KBP atau captive market. Hal ini juga menjadi salah satu keunggulan ruko Sasakirana.

“Hal itu (captive market) menjadi keunggulan sekaligus keunikan ruko Sasakirana. Pasalnya, mayoritas market tersebut adalah penghuni KBP. Neighbourhood yang sudah ada tentu memerlukan lokasi yang nyaman untuk berkumpul yang lebih intim. Terlebih, setiap tatar (klaster) di KBP kerap menyelenggarakan kegiatan secara berkala, termasuk komunitas Hayu Hejo,” terang Joseph.

Sebab itu, kata Joseph, potensi tersebut dapat dioptimalkan calon konsumen ataupun investor untuk mengembangkan usaha di ruko Sasakirana.

Tidak hanya itu, detail perencanaan arsitektur ruko Sasakirana juga menawarkan fleksibilitas fungsi lantai bawah dan atas yang diimplementasikan dengan penempatan tangga utama ruko di sisi depan ruangan.

Sarana tersebut memudahkan pengunjung dalam mengakses setiap sudut ruko sekaligus menguntungkan pemilik bisnis.

“Jalur service juga dirancang di sisi belakang ruko sehingga pemilik bisnis dapat leluasa mendukung logistiknya dan menciptakan picture street kawasan niaga lebih rapi,” kata Joseph.

Berkat seluruh keunggulan tersebut, memiliki ruko Sasakirana di KBP bisa jadi pilihan tepat bagi Anda untuk mengembangkan usaha ataupun investasi.

Informasi lengkap mengenai ruko Sasakirana dan Kota Baru Parahyangan, Anda bisa klik tautan ini atau menghubungi 0877-2268-3888.

https://www.kompas.com/properti/read/2023/02/28/211500421/simak-tips-beli-ruko-untuk-tempat-usaha-langsung-dari-ahlinya

Terkini Lainnya

Bagikan artikel ini melalui
Oke